Bupati Kotabaru H Sayed Jafar memimpin upacara perigatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 79 Tahun 2024 di halaman Kantor Bupati Kotabaru Desa Sebelimbingan.

Bupati Kotabaru mengharapkan perkantoran baru ini dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Kotabaru.

"Pada kesempatan ini kita berada di Kantor Bupati di Sebelimbingan, bertepatan dengan moment Peringatan Republik Indonesia 17 Agustus ke- 79 Tahun, kita melaksanakan penyerahan dan penghargaan yang juga sekaligus penandatanganan serta penyerahan bantuan," kata bupati dalam siaran pers, Sabtu (17/8).

Kemarin, lanjut bupati, kita juga meresmikan Panggung Apung dan Masjid Kapal Pesiar, semua ini dirangkai dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79. 

"Moment ini kita ambil, karena Kotabaru juga sama kantor baru juga di Sebelimbingan, mudah-mudahan dengan kantor baru ini dengan semangat baru dan kerja yang baru kita dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kotabaru," tutur dia.

Sementara itu, Peringatan HUT ke- 79 RI Tahun 2024 ini mengusung tema "Nusantara Baru Indonesia Maju" di mana tema tersebut bertepatan dengan tiga momen penting bagi Negara Indonesia yaitu penyambutan ibu kota baru di Ibu Kota Nusantara (IKN), momen pergantian Presiden, serta menuju Indonesia Emas 2045.

Pemerintah Kabupaten Kotabaru sendiri pada Peringatan Upacara HUT RI ke- 79 ini berbeda dari tahun sebelumnya. Karena melaksanakan di Perkantoran Baru di Sebelimbingan yang diharapkan dapat meningkatkan Pelayanana kepada masyarakat.

Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang digelar pertama kalinya di komplek perkantoran Desa Sebelimbingan ini diikuti forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Ketua TP PKK Kotabaru dan Organisasi Wanita lainnya.

Para Camat, Organisasi kemasyarakatan, aparatur sipil negara (ASN) Kotabaru, TNI-Polri, Satpol-PP mahasiswa serta Pelajar, juga tokoh masyarakat, tokoh agama. 

Upacara detik-detik proklamasi berlangsung mulai pukul. 09.25 Wita yang ditandai dengan bunyi sirine mobil selama beberapa detik, yang dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis.

Sebanyak 32 anggota (Paskibraka) Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang berasal dari perwakilan siswa-siswi yang terpilih berasal dari SMA/SMK/MAN Kabupaten Kotabaru. 

Pasukan tampak berbaris rapi dengan pengawalan komandan Erma David pengawal Paskibraka memasuki lapangan dengan pembawa baki seorang siswi dari SMK Bebunga Estate Kecamatan Pamukan Utara Sekar Suci Wahyuningtyas menuju mimbar Bupati Kotabaru dengan langkah tegap perlahan menaiki anak tangga untuk mengambil Sang Saka Merah Putih.

Pengibaran Bendera Merah Putih yang dipimpin Komandan Upacara Lettu Inf. Setiawan dari Kodim 1004 Kotabaru Berjalan dengan sukses dan khidmat

Pada rangkaian Upacara juga dilaksanakan Penyerahan Piagam Penghargaan yang di terima Bupati Kotabaru dalam Acara Pemimpin Daerah Award 2024 sebagai Kepala Daerah Inovatif Pengembangan Pariwisata yang berdampak pada kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI kepada Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar.

Penghargaan diterima bupati karena komitmen dan kerja keras dalam mendorong percepatan pembangunan desa di Kabupaten Kotabaru mencapai Status Mandiri, Maju dan Berkembang dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Penghargaan dari Gubernur Kalimantan Selatan sebagai Kabupaten dengan Capaian Realisasi Investasi Terbesar ke-II asi Kalimantan Selatan Tahun 2023.

Penyerahan hibah dalam rangka pengembangan penerapan sistem e-TLE, penyerahan hibah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru kepada sekolah tinggi ilmu keguruan dan ilmu pendidikan (STKIP) Paris Barantai Kotabaru, dan hibah kepada Universitas Lambung Mangkurat dalam rangka Program PSDKU  di Kotabaru.

Penyerahan Satya Lencana kepada 7 orang, Tali Asih Purna Tugas kepada 3 orang, dan SK Kenaikan Pangkat untuk 3 orang, Penyerahan Penghargaan SKPD dengan hasil Rekonsiliasi Pajak Terbaik Tahun Anggaran 2024.

Selain itu, penyerahan medali atlet berprestasi, dan penyerahan santunan Jaminan  Kesehatan Masyarakat, serta Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah  Kabupaten Kotabaru dengan PLN,  sekaligus Peresmian Kantor Bupati  Kotabaru Sebelimbingan, dan Peresmian Aula Bamega Kotabaru yang ditandai dengan Penandatanganan Prasasti oleh Bupati Kotabaru.

Kegiatan itu juga dilanjutkan ziarahke Makam Pahlawa untuk tabur bunga yang dipimpin langsung oleh Bupati Kotabaru yang merupakan agenda rutin dalam Memperingati HUT RI setiap tahunnya.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024