Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengenakan pakaian adat Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah Baamar Galung Pancar Matahari saat mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memimpin upacara yang digelar di Lapangan Upacara Istana Negara, IKN pada Sabtu.

Baca juga: Menteri AHY bertolak ke IKN ikuti acara HUT ke-79 RI

Berdasarkan keterangan tertulis dari Kanwil BPN Kalsel di Banjarbaru, Sabtu, Menteri AHY bersama Pembina IKAWATI ATR/BPN Annisa Pohan Yudhoyono hadir pada upacara tersebut dengan mengenakan Baamar Galung Pancar Matahari.

DIketahui, pakaian adar tersebut merupakan busana pengantin dari Suku Banjar yang memiliki ciri khas aplikasi warna, detail, dan gemerlap, sehingga seolah bermandikan sinar matahari.

Baca juga: Menteri AHY dianugerahi Bintang Mahaputra Nararya dari Presiden Jokowi

Melengkapi pakaian adat, Menteri AHY mengenakan hiasan kepala, jas, celana panjang, dan sarung pendek sepanjang lutut.

Sementara itu, sang istri Annisa Pohan Yudhoyono mengenakan amar/mahkota dari logam berwarna emas berbentuk dua naga berebutan mustika dan tumpukan kembang goyang yang dipercantik dengan hiasan bunga serta ronce dari kelopak mawar merah dan kembang melati yang menguncup untuk melambangkan kesucian.

Baca juga: Minister AHY attends first cabinet meeting at IKN

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024