Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kalimantan Selatan (Kalsel) menyerahkan tiga  Surat Keputusan (SK) bakal calon atau balon bupati di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut di Banjarmasin, Kamis.

Ketiga SK Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 secara serentak tersebut untuk pasangan balon Bupati Tanah Laut (Tala) atas nama Rahmat Trianto dan wakilnya H Muhammad Zazuli.

Baca juga: DPP Golkar putuskan "Acil Odah" maju pada Pilgub Kalsel 2024

Selain itu, untuk pasangan balon Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Sahrujani dan wakilnya Hero Setiawan, serta balon Bupati Tapin H Yamani berpasangan dengan H Juanda.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kalsel H Supian HK berpesan agar semua fungsionaris dan kader keluarga besar beringin harus kompak untuk memenangkan pasangan balon yang mereka usung.

"Kalau nanti terpilih menjadi bupati. Ingat, yang terpenting menyejahterakan warga masyarakat setempat," pesan Supian HK yang terpilih kembali untuk ketiga kali menjadi anggota DPRD Kalsel.

Namun secara khusus, Supian HK yang juga Ketua DPRD Kalsel berpesan kepada balon Bupati Tala Rahmat agar mewaspadai kemungkinan melawan kotak kosong, jangan sampai terjadi seperti kejadian di Kota Makassar Sulawesi Selatan Pilkada lalu.

Sementara Rahmat berpendapat, kemungkin untuk tidak terjadi kontak kosong masih terbuka karena ada dua partai politik (Parpol) belum ada kepastian memberikan dukungan dan memenuhi persyaratan secara formal atau ada tujuh kursi pada DPRD setempat.

"Kan masih ada waktu untuk pendaftaran balon Bupati ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat, kalau Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mau mengusung tersendiri," kata Rahmat.

Baca juga: Golkar Kalsel minimal usulkan tiga balon Wagub ke DPP

Mantan Komandan Kodim Tala itu mengaku, memang rencananya PDI Perjuangan mau mendukung dirinya pada Pilkada 2024, tapi sampai saat ini belum menerima SK DPP Parpol berlambang kepala banteng moncong putih tersebut.

Sedangkan Sahrujani menyatakan siap bekerjasama dengan semua pihak untuk membangun daerah dan masyarakat"Bumi Agung" HSU kalau dirinya terpilih menjadi bupati setempat.
 
Penyerahan SK DPP Partai Golkar untuk balon Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Kalsel H Sahrujani oleh DPD Partai Golkar provinsi setempat di Banjarmasin, Kamis (15/8/2024). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024