Dewan Pimpinan Daerah atau DPD Partai Golkar Kalimantan Selatan (Kalsel) minimal mengusulkan tiga orang untuk bakal calon Wakil Gubernur (balon Wagub) provinsi setempat ke Dewan Pimpinan Pusat/DPP.

"Selanjutnya DPP yang menetapkan balon Wagub tersebut dari Partai Golkar," ujar Ketua Penjaringan balon Gubernur/Wagub Kalsel DPD Partai Golkar provinsi setempat H Puar Junaidi di Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: KPU Kalsel: Caleg terpilih wajib sampaikan LHKPN sebelum pelantikan

Puar yang juga Wakil Ketua Bappilu DPD Partai Golkar Kalsel mengemukakan itu saat menerima penyerahan berkas/pengembalian formulir balon Wagub setempat atas nama Akhmad Rozanie Himawan Nugraha dari Partai NasDem.

Mantan anggota DPRD Kalsel beberapa kali itu menambahkan, "Tim Sembilan" DPD Partai Golkar provinsi setempat akan menyeleksi dan mengevaluasi berkas tersebut, baik untuk balon Gubernur maupun Wagub.

"Dari hasil seleksi dan evaluasi tersebut, kami DPD Partai Golkar Kalsel mengusulkan ke DPP . DPP lah yang menetapkan balon Gubernur/Wagub," tegas Puar didampingi Sekretaris Penjaringan balon Gubernur/Wagub DPD Partai Golkar provinsi setempat,.H Basuni.

Baca juga: KPU Kalsel: Pemilihan caleg di Kalsel tanpa sengketa Pemilu

Sementara itu, Akhmad Rozanie yang juga anggota DPRD Kalsel dalam sambutannya berharap dirinya satu visi dan misi dengan balon Gubernur setempat dari Partai Golkar nanti.

"Tentunya kita bertekad untuk membangun Kalsel ke depan agar lebih maju seperti mensejahterakan masyarakat," ucapnya singkat.

Sebelum menjawab Antara Kalsel, dia menyebutkan, H Kartoyo dari NasDem yang menduduki jabatan Wakil Ketua I DPRD provinsi setempat menggantikan Muhammad Syaripuddin dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

 

Kartoyo asal daerah pemilihan Kalsel IV/Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) pada Pemilu legislatif yang pencoblosannya 14 Februari lalu mengantongi lebih 66.000 suara atau terbanyak dari sesama calon anggota legislatif (caleg) provinsi dari Nasdem.

Baca juga: NasDem Kalsel terima pendaftaran bakal calon Bupati Batola

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024