Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan (Dispar Kalsel) mengusung slogan “Ayo ke Kalsel Aja untuk menyuguhkan wisata daerah bagi ratusan rider enduro nasional dan mancanegara pada Uncle Hard Eduro (UHE) di Kiram Park, Kabupaten Banjar, 10-11 Agustus 2024.

Kepala Dispar Kalsel M Syarifuddin dikonfirmasi di Banjarmasin, Jumat, mengatakan tagline ini untuk mengenalkan wisata terbaik yang ada di Kalimantan Selatan.

Baca juga: Seribu peserta daftar pada kelas adventure Uncle Hard Enduro 2024

“Utamanya di Kiram Park sebagai destinasi wisata prioritas yang berlokasi di kawasan pelaksanaan enduro, wilayah pegunungan. Kemudian Tahura Sultan Adam sebagai kawasan hutan konservasi yang merupakan bagian dari Geopark Meratus yang saat ini diusulkan ke UNESCO untuk menjadi Global Geopark,” ujarnya.

Selain itu, wisata Pasar Terapung Lok Baintan Kabupaten Banjar sebagai ikon khas Kalimantan Selatan dengan tradisi masyarakat Suku Banjar berjualan di atas sungai menggunakan perahu.

“Beberapa wisata unggulan ini memiliki akses jalan yang cepat dari Bandara Syamsudin Noor. Kegiatan Uncle Hard Enduro ini tentu memberikan dampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat, apalagi akan diramaikan 1.000 lebih pembalap dari berbagai daerah,” ucap Syarifuddin.

Baca juga: Kalsel kenalkan Kiram Park sebagai "City of Enduro" kepada dunia

Dia mengungkapkan, bersamaan dengan pelaksanaan enduro, kawasan Tahura Sultan Adam juga berlangsung kejuaraan nasional paralayang yang diikuti peserta nasional dan mancanegara. Hal ini menjadi nilai tambah sehingga berdampak tumbuhnya ekonomi usaha mikro masyarakat sekitar.

Selain itu, Stafruddin mengatakan tingkat huni kamar hotel juga akan berdampak positif karena bertepatan dengan momen dua kegiatan bertaraf nasional dan internasional berlangsung di kawasan ibu kota provinsi.

“Untuk pelaksanaan selanjutnya, kita harus lebih banyak memperbaiki apa yang kurang, karena berbagai masukan dari wisatawan menjadi nilai penting agar ke depan pengunjung semakin banyak. Semoga melalui kegiatan bertaraf nasional dan internasional, Kalsel semakin dikenal oleh mancanegara, ayo ke Kalsel aja,” ujarnya lagi.

Baca juga: Pembalap Wawan Kadri siap pertahankan juara Uncle Hard Enduro

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024