Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Noor mewakili Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah menerima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024 "Kategori Utama", di Jakarta.

Penghargaan diserahkan langsung President of International Social Security Association (ISSA) Muhammad Azman bersama Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti kepada Sekda HSS.

“Alhamdulillah, Kabupaten HSS kembali meraih predikat UHC tahun 2024 yang kali ini pada kategori utama,” kata sekda, mengutip pers rilis Diskominfo HSS, Sabtu.

Baca juga: HSS terima enam penghargaan pada peringatan Harganas ke-31

Sebelumnya, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti, memaparkan Presiden RI Joko Widodo menginstruksikan 30 Kementerian dan Lembaga mengambil langkah-langkah dalam optimalisasi pelaksanaan program JKN.

Dijelaskan dia, langkah-langkah tersebut diambil sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing untuk melakukan optimalisasi program Jaminan Kesehatan Nasional.

Adapun, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin turut memberikan sambutan dan mengapresiasi, di mana 33 provinsi dan 460 kabupaten atau kota penerima penghargaan UHC Award ini telah memberikan dedikasi dan komitmen tinggi, dalam mewujudkan UHC dengan cakupan perlindungan kepesertaan JKN minimal 95 persen dari total penduduk.

Dan atas raihan predikat UHC untuk Kabupaten HSS tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Barabai Muhammad Masrur Ridwan, juga mengapresiasinya Pemkab HSS dan seluruh pihak terkait yang telah membantu mensukseskan penyelenggaraan Program JKN di Bumi Rakat Mufakat.

Baca juga: Pemkab HSS anugerahkan penghargaan kepada 15 inovator

“Ini merupakan upaya luar biasa yang telah dilakukan Pemkab HSS, sehingga telah mampu mewujudkan jaminan kesehatan berkualitas bagi seluruh masyarakatnya,” ucapnya.

Lebih lanjut, menurut dia dengan diperolehnya kembali predikat UHC kali ini, menunjukkan bahwa komitmen seluruh jajaran Pemkab HSS kepada masyarakat untuk memberikan perlindungan dari rasa takut dalam proses pengobatan penyakit.

Ditambahkan dia, kesuksesan ini pastinya tidak lepas dari arahan yang disampaikan oleh Pj Bupati HSS, sehingga Pemkab HSS telah mampu mendaftarkan hampir seluruh warganya sebagai peserta Program JKN.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024