Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) mengharapkan pembangunan infrastruktur di Tabalong atau kabupaten paling utara di Kalsel tersebut menjadi skala prioritas.

Ketua Komisi III H Sahrujani atau yang akrab dengan sapaan Haji Jani mengemukakan harapan tersebut ketika rombongan Komisinya bertemu dengan DPRD "Bumi Saraba Kawa" Tabalong di Tanjung (237 km utara Banjarmasin) ibukota kabupaten itu, Selasa.

Baca juga: DPRD Kalsel tekankan DPRD-Pemkab HSU harus bersinergi laksanakan pembangunan

Haji Jani atau politikus senior Partai Golkar itu menyatakan, harapannya tersebut cukup beralasan, karena Bumi Saraba Kawa Tabalong berbatasan langsung dengan Kalimantan Timur (Kaltim) yang menjadi tempat Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.

"Oleh karenanya pembangunan infrastruktur Bumi Saraba Kawa Tabalong harus menjadi perhatian dan skala prioritas," tegas wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong tersebut.

Pasalnya menurut dia, jika infrastruktur tidak memadai akan sulit berhubungan atau memasok logistik kepentingan IKN.

Baca juga: DPRD Kalsel dukung optimalisasi lahan pertanian tanaman pangan

"Sementara Kalsel dan Bumi Saraba Kawa Tabalong sebagai gerbang,. sekaligus penyangga pangan ataupun kebutuhan logistik lainnya dari IKN nanti," ujar Haji Jani.

Kunjungan kerja (kunker) Komisi III DPRD Kalsel ke Bumi Saraba Kawa Tabalong untuk melakukan monitoring pembangunan infrastruktur terutama jalan di kabupaten yang berbatasan dengan Kaltim dan Kalimantan Tengah (Kalteng) tersebut.

Selain itu, sebagai salah satu bentuk dukungan Komisi III dan sinkronisasi terhadap upaya peningkatan pembangunan infrastruktur Bumi Saraba Kawa Tabalong, demikian Hajj Jani.

Baca juga: Rencana perubahan APBD Kalsel 2024 defisit Rp1,5 triliun lebih
 
Rombongan Komisi III DPRD Kalsel saat kunjungan ke DPRD Kabupaten Tabalong di Tanjung (237 km utara Banjarmasin), Selasa (6/8/2024). (ANTARA/HO-Humas Setwan Kalsel)

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024