Warga Desa Salikung dan Desa Sungai Kumap Kecamatan Muara Uya menerima bantuan daerah mulai dari kelengkapan administtasi kependudukan, rumah tidak layak huni hingga pangan bergizi.

Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para penerima dalam kunjungan kerja di dua desa tersebut.

"Layanan kesehatan, konsultasi pertanian hingga administrasi kependudukan yang kita berikan diharapkan dapat bermanfaat bagi warga Desa Salikung maupun Desa Sungai Kumap," jelas Hamida di Tabalong, Kamis.

Termasuk bantuan  Genius  atau Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi bagi siswa dari Dinas Pertanian Tanaman Hortikultura Kabupaten Tabalong.

Kepala Bidang Layanan Pendaftaran Penduduk Yudha Firdaus mengatakan warga cukup antusias mengurus dokumen kependudukan mulai dari pembuatan akta kelahiran, akte kematian, kartu keluarga hingga KTP.

"Sekitar 50 warga Desa Salikung dan Desa Sungai Kumap yang mendapat layanan kependudukan," ungkap Yudha.

Kunjungan kerja PJ Bupati Tabalong yang  diikuti sejumlah kepala dinas selain memberikan bantuan dan berbagai  layanan gratis juga mengecek pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan.

Kepala Desa Salikung Rahmadi mengatakan kehadiran PJ Bupati Tabalong dan rombongan sebagai bukti perhatian pemerintah daerah terhadap kemajuan desa.

"Kami ingin ada perhatian pemerintah daerah selain infrastruktur jalan juga rehab rumah warga yang tidak layak huni," jelas Rahmadi.

Sebelumnya Desa Salikung dan Desa Sungai Kumap masuk dalam desa tertinggal karena sulitnya akses jalan khususnya di saat musim hujan.

Kini setelah proses ijin pinjam pakai kawasan hutan tuntas kegiatan peningkatan kualitas jalan mulai dilaksanakan sejak 2022.

 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024