Universitas Lambung Mangkurat (ULM) meraih prestasi sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) dengan total penerima hibah Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) terbanyak di Kalimantan pada 2024.

"Ada 91 proposal penelitian dan pengabdian masyarakat dari ULM menerima hibah pendanaan dari DRTPM," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat.

Baca juga: Delegasi ULM hadiri pertemuan tahunan program SustainPalm 2024

Setelah penerima hibah ditetapkan, maka ULM akan menandatangani kontrak dengan DRTPM pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kemudian ULM melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) akan melakukan penandatanganan kontrak dengan ketua tim peneliti atau pengabdian masyarakat.

Adapun pendanaan bidang riset DRTPM meliputi pangan, energi, kesehatan, transportasi, produk rekayasa keteknikan, pertahanan dan keamanan, kemaritiman, sosial humaniora dan bidang riset lain untuk mencapai tujuan riset nasional yang tercantum dalam BRIN 2017-2045.

Baca juga: ULM lakukan pendampingan 11 kelompok mahasiswa wirausaha penerima pendanaan Belmawa

Alim mengungkapkan pula jika DRTPM menekankan lima bidang fokus prioritas nasional yang diharapkan menjadi orientasi peneliti, di antaranya ekonomi hijau, ekonomi biru, ekonomi digital, kemandirian kesehatan, dan penguatan pariwisata.

Dari penelitian atau pengabdian masyarakat tersebut, DRTPM menargetkan luaran karya ilmiah berupa artikel yang dipublikasikan di jurnal yang telah terakreditasi SINTA 1-6 ataupun di jurnal yang terindeks oleh pemeringkat internasional (Web of Science dan/atau Scopus) atau memiliki peringkat SINTA 1.

"Produknya nanti didaftarkan kekayaan intelektualnya dalam bentuk paten," ujarnya.

Baca juga: ULM sediakan 10 prodi untuk beasiswa LPDP Kemenkeu

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024