Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menawarkan kemudahan bagi investor pada Indonesia Maju Ekspo dan Forum 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.
 
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina di Banjarmasin, Sabtu, mengatakan Pemkot Banjarmasin ikut berpartisipasi mendirikan stan pameran produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada ajang yang berlangsung dari 4-7 Juli 2024 tersebut.

Baca juga: Disdik Banjarmasin perpanjang PPDB di sekolah minim pendaftar
 
Dinyatakan dia, pada kesempatan itu, Pemkot Banjarmasin mempromosikan sejumlah peluang investasi untuk menggaet sebanyak mungkin investor yang berniat berinvestasi di kota berjuluk "Seribu Sungai" ini.
 
Ibnu Sina menjelaskan salah satu peluang investasi yang dipromosikan Pemkot Banjarmasin pada setiap kegiatan berskala nasional terkait kemudahan perizinan usaha para investor yang ingin berinvestasi.
 
Di Kota Banjarmasin, lanjut dia, investasi yang bisa dilakukan para investor adalah terkait barang, jasa dan perdagangan. Apalagi, Kota Banjarmasin ditunjang dengan ketersediaan dermaga pelabuhan laut sekaligus peti kemas. 
 
"Banjarmasin dikenal sebagai kota dagang atau jasa, sehingga arus investasi yang masuk ke Kalimantan Selatan pun mau tidak mau, suka tidak suka memang masuknya lewatnya harus dari Banjarmasin," kata Ibnu Sina.

Baca juga: DPRD Banjarmasin terima Raperda RPJPD 2025-2045
 
Pada 2023, terang dia, dari target Rp4 triliun lebih total nilai keseluruhan investasi yang masuk ke Provinsi Kalsel, Kota Banjarmasin mendapatkan Rp1.7 triliun, dan sektor jasa telekomunikasi nilai investasi tertinggi.
 
Keberadaan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, kata dia , sangat strategis dalam mendukung menjadi kota barang dan jasa. 
 
Karena itulah, beber Ibnu Sina, dalam perencanaan 20 tahun ke depan yang telah dimasukkan pada rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJMD) 2025-2045, Kota Banjarmasin untuk menjadi kota penyangga logistik bagi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.
 
"Rancangan peraturan daerah (Raperda) RPJPD Kota Banjarmasin ini sudah diajukan ke DPRD kota," paparnya.
 
Tentunya dengan ini, ucap Ibnu Sina, sangat cerah masa depan investasi di Kota Banjarmasin dari berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata, ekonomi kreatif hingga pengembangan UMKM.

Baca juga: Ribuan peserta ramaikan pawai Banjarmasin Sasirangan Festival 2024

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024