Ribuan peserta dinyatakan berpartisipasi pada gelar pawai semarak Banjarmasin Sasirangan Festival ke-8 tahun 2024 di kawasan Siring Sungai Martapura Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu.
 
Semua peserta pawai mengenakan pakaian kain Sasirangan, kain khas dari Kalimantan Selatan dengan berbagai corak dan motif yang mengagumkan.
 
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina yang terlibat langsung pada pawai kegiatan tahunan dan menjadi event pariwisata kota setempat menyampaikan apresiasi atas tingginya animo masyarakat untuk menyukseskan gelar Banjarmasin Sasirangan Festival ini.
 
Terhitung ada sebanyak 72 regu yang berasal dari pegawai Pemkot Banjarmasin dari berbagai instansi, siswa dan siswi hingga masyarakat umum dari berbagai golongan dan organisasi.
 
"Alhamdulillah, hari ini seluruh peserta pawai Basasirangan (pakai baju sasirangan) tercatat diikuti hampir 3.000 peserta," ujarnya.
 
Dia pun berharap kegiatan yang rutin digelar setiap tahun itu dapat dilaksanakan kembali dengan lebih meriah di tahun-tahun mendatang.
 
Karena kegiatan ini bertujuan pula untuk mengangkat lebih tinggi lagi kain khas ke tingkat nasional maupun internasional sebagai warisan nenek moyang.
 
Ditambah Plt Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Banjarmasin Machli Riyadi, jumlah peserta yang hadir melebihi dari target yang dicanangkan oleh panitia penyelenggara.
 
"Alhamdulillah sukses luar biasa karena pesertanya sangat antusias, kita menargetkan 1.600 hingga maksimal 2.000 orang namun ternyata yang ikut ada hampir mencapai 3.000 orang," ucapnya.
 
"Tentunya hal ini membuktikan bahwa kegiatan ini cukup di nanti-nanti oleh masyarakat dan unsur yang ikut dalam pawai, semuanya saling membaur bangga dengan Sasirangan," sambungnya.
 
Machli menyebut bahwa jumlah peserta yang meningkat dari tahun-tahun sebelumnya juga disebabkan oleh kombinasi serta konsep pakem dari event tersebut.
 
"Sehingga peserta lebih bergairah dengan berbagai macam kreativitas yang ditampilkan," katanya lagi.
 
Untuk itu, Machli ingin siapapun pemimpin baru yang nantinya melanjutkan pembangunan di kota Banjarmasin, akan tetap menjadikan ajang Banjarmasin Sasirangan Festival ini sebagai agenda rutin tahunan bagi masyarakat kota Banjarmasin.
Berbagai corak dan motif ramaikan pawai Banjarmasin Sasirangan Festival 2024 di Siring Sungai Martapura Banjarmasin, Minggu (30/6/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Banjarmasin.)

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024