Tim Keadaan Tanggap Darurat (TKTD) PT Subur Agro Makmur (SAM)-Astra Agro Lestari dan Masyarakat Peduli Api (MPA) dari unsur petani, serta nelayan mensosialisasikan strategi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kegiatan ini sebagai upaya kewaspadaan potensi karhutla pada musim kemarau 2024 di Kantor Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Masyarakat memegang peranan penting mengendalikan karhutla terutama upaya pencegahan, seperti tidak membuka lahan dengan membakar," kata Kepala Dinas Pertanian  M. Noor melalui keterangan tertulis dari PT SAM di Kabupaten HSS, Sabtu.

Baca juga: Manajemen PT SAM dan TBM buka puasa bersama wartawan

Dijelaskan dia, upaya pencegahan dini dengan melibatkan seluruh pemegang kebijakan, termasuk masyarakat sangat penting untuk menjaga keamanan dan keselamatan dari karhutla.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Daha Barat A. Sirrajudin mengapresiasi kegiatan tersebut melibatkan masyarakat terutama petani dan  dalam upaya pencegahan karhutla,yang merupakan tugas bersama.

"Kita bersama-sama mengemban tugas dan bertanggungjawab serta mengawal kegiatan masyarakat agar tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar, dan kita mendukung program pemerintah ataupun perusahaan demi kepentingan masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Baca juga: Manajemen PT Subur Agro Makmur gelar Shalat Istisqa

Sementara itu, Administratur PT SAM Martuah Nasution mengungkapkan petugas perusahaan atau tim TKTD  dan seluruh masyarakat bersinergi dan melaksanakan patroli, serta menanggulangi karhutla.

Saat ini, menurut Nasution, sudah menyiapkan tim internal PT  SAM yang dikoordinir Asisten Fire Protection Rezza Syahrial, dan bersama MPA pada 10 desa yang tersebar pada tiga kecamatan, meliputi Kecamatan Daha Barat, Daha Utara dan Daha Selatan.
 
Manajemen PT SAM dan MPA mensosialisasikan strategi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kepada masyarakat di Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Jumat (28/6/2024). (ANTARA/HO-Humas PT SAM)


TKTD PT SAM dan MPA telah dibekali dengan beragam sarana prasarana untuk menanggulangi karhutla, seperti pemadam kebakaran, unit pompa dan lainnya.

"Kita PT SAM menyediakan dua unit pemadam kebakaran (damkar), 49 unit pompa portable, APD, serta sarana dan prasarana lainnya," ungkapnya.

Baca juga: SDN Bajayau Lestari binaan PT SAM wakili HSS di ajang LSS tingkat provinsi

Nasution menekankan pencegahan dan penanggulangan karhutla menjadi tanggung jawab bersama, bahkan bagi seluruh karyawan agar siap sedia dalam upaya penanggulangan.

Ditambahkan dia, perusahaan juga bekerja sama dengan kepolisian sektor (polsek) dalam pembinaan masyarakat, tidak hanya para petani dan nelayan tapi juga mencakup masyarakat secara umum.

Turut berhadir dalam kegiatan ini, personil TKTD PT SAM, Kapossubpol Sektor Daha Barat Yunus, Ketua Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial M. Khairuddien Bastian,  kepala desa dan aparat desa, serta seluruh kelompok tani dan nelayan se-Kecamatan Daha Barat.

Baca juga: TKTD PT SAM dan BPBD HSS bersinergi padamkan api di lahan masyarakat

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024