SD Bajayau Lestari, Sekolah Binaan PT Subur Agro Makmur (SAM) meraih penghargaan sebagai sekolah sehat tingkat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), dan mewakili HSS di ajang Lomba Sekolah Sehat (LSS) di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Saya mewakili perusahaan mengungkapkan rasa terima kasihnya atas terpilihnya SD Bajayau Lestari, mewakili Kabupaten HSS dalam LSS tingkat provinsi," Asisten CSR PT SAM sekaligus PLT SD Bajayau Lestari Esti Setyaningsih, di Bajayau, Jum'at.

Pihaknya berupaya untuk dapat memberikan yang terbaik dalam lomba sekolah sehat tingkat provinsi mendatang,penghargaan ini didapatkan juga tidak terlepas dari adanya dukungan manajemen PT SAM kepada SD Bajayau Lestari. 

Persiapan yang dilakukan SD Bajayau Lestari dalam LSS tingkat provinsi mendatang, yaitu meningkatkan fasilitas sekolah mulai dari ruang kelas, ruang UKS, perpustakaan, pojok kreasi, dan sebagainya.
 
Penghargaan Lomba Sekolah Sehat (LSS) untuk SDN Bajayau Lestari menghantarkan sekolah tersebut mewakili
Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) di ajang yang sama di tingkat provinsi, Kandangan, HSS,
Kalimantan Selatan, Senin (18/9/2023). (ANTARA/HO-HUMAS PT SAM)


Baca juga: TKTD PT SAM dan BPBD HSS bersinergi padamkan api di lahan masyarakat

"Begitu pula kita dengan program-program unggulan sekolah, diantaranya Program Propelling Hijau dan program pencegahan kekerasan pada anak (P2Ka)," ujarnya.

Menurut dia, Program propelling hijau sendiri berisikan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan 5K2S, yaitu penghijauan, pemanfaatan sampah organik dan anorganik, bioflok, dan lain-lain.

Sedangkan, program P2Ka di lingkungan sekolah siswa dapat menceritakan apa yang ingin mereka sampaikan terhadap guru, baik mengenai motivasi belajar ataupun hal-hal lain di kehidupannya.

"Kami berharap penghargaan sekolah sehat ini dapat menjadi motivasi positif bagi kami, dalam meningkatkan budaya bersih dan sehat di lingkungan sekolah, sehingga mampu mendorong SD Bajayau Lestari menjadi sekolah sehat tingkat Adiwiyata," ucapnya.

Adapun penghargaan LSS tingkat Kabupaten HSS telah diserahkan Bupati HSS Periode 2018-2023 H Achmad Fikry, pada 18 September 2023 lalu, bersamaan dengan apel kesadaran nasional HSS di lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan.

Baca juga: Fasdes HSS ajak warga terapkan program BRGM buka lahan tanpa membakar

Penghargaan tersebut diberikan berkat keseriusan SD Bajayau Lestari dalam penerapan sekolah sehat yang berfokus pada usaha sekolah dalam penerapan Trias UKS, yaitu Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, dan Pendidikan Lingkungan Sekolah Sehat.

"Selamat kepada SD Bajayau Lestari atas pencapaiannya sebagai Terbaik 1 yang akan mewakili HSS menuju provinsi," ujar Fikry.

Ia menuturkan penerapan trias UKS akan membentuk sekolah yang bersih, indah, tertib, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dalam kerangka mencapai kesejahteraan lahir dan batin setiap warga sekolah.

Diitambahkan dia, terciptanya lingkungan sekolah sehat menjadikan aktivitas yang bermanfaat, berdaya guna, dan berhasil bagi lingkungan sekolah, baik di dalam lingkungan sekolah tersebut maupun di luar lingkungan sekolah.

Baca juga: Sosialisasi antisipasi karhutla sasar nelayan-petani di Daha HSS

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023