Jajaran manajemen PT Subur Agro Makmur ( PT SAM) menggelar shalat istisqa di halaman SD Bajayau Lestari yang masih berada di lingkungan perusahaan, yang dipimpin Ustadz H Ahmad Sirajudin.

Shalat Istisqa ini bertujuan memohon diturunkan hujan yang bermanfaat, Shalat Istisqa diikuti jajaran Manageman PT SAM beserta siswa siswi SD-SMP Bajayau Lestari.

"Kemarau dan kabut asap ini merupakan ujian, sekaligus pengingat kepada setiap manusia agar senantiasa berperilaku yang baik," kata Ustadz H. Ahmad Sirajudin, mengutip pers release Humas PT SAM, di Bajayau, Jum'at.
 
Jajaran manajemen PT Subur Agro Makmur ( PT SAM) menggelar shalat istisqa di halaman SD Bajayau Lestari, Bajayau,
Daha Barat, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Jum'at (29/9/2023). (ANTARA/HO-HUMAS PT SAM)


Baca juga: PT SAM libatkan desa cegah karhutla

Dijelaskan dia, bahwa untuk memperbaiki diri bisa dengan memperbanyak istighfar, tekun dalam melaksanakan ibadah dan senantiasa menghindari perilaku-perilaku yang tidak baik, dan pelaksanaan shalat istisqa sebagai upaya bermunajah kepada Allah SWT, agar segera diturunkan hujan.

Kemarau Panjang yang melanda Indonesia beberapa bulan terakhir menyebabkan kekeringan di beberapa kawasan Indonesia, tak terkecuali Kalimantan Selatan (Kalsel), khususnya daerah Daha Barat.

Daha Barat yang merupakan daerah rawa gambut, pada musim kemarau ini membuat dampak yang besar berupa kekeringan di lahan gambut dan banyaknya kebakaran di sekitar lahan gambut, hal ini juga memicu terbentuknya kabut asap yang menyelimuti daerah di Daha Barat.

Administratur PT SAM Martuah Nasution, mengatakan Shalat Istisqa ini pihaknya laksanakan sebagai salah satu bentuk ikhtiar kepada Allah SWT, agar segera diturunkan hujan, sehingga kebakaran dan kabut asap yang melanda daerah segera selesai.
 
Jajaran manajemen PT Subur Agro Makmur ( PT SAM) menggelar shalat istisqa di halaman SD Bajayau Lestari, Bajayau,
Daha Barat, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Jum'at (29/9/2023). (ANTARA/HO-HUMAS PT SAM)


Baca juga: Siswa SMP Bajayau Lestari sukses sabet juara ajang FLS2N tingkat kabupaten

"Meski ini juga merupakan salah satu ujian dari Allah SWT terhadap kita, agar kita juga senantiasa memperbaiki ibadah kita, dan mulai mengevaluasi diri," ujarnya.

Dan pada kesempatan ini tersebut, dirinya mengimbau semuanya agar senantiasa menjaga kesehatan diri di tengah kepungan asap, mengingat dampak kabut asap akan berakibat pada gangguan kesehatan.

"Semoga dengan dilaksanakannya Shalat Istisqa ini hujan dapat segera turun, dan asap yang mengepung juga segera hilang sehingga kita dapat melaksanakan aktifitas lebih leluasa," pungkasnya.

Baca juga: PT Subur Agro Makmur gelar santunan anak yatim piatu
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023