Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) meraih penghargaan sebagai pemerintah daerah yang memperoleh skor tertinggi se-Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mencapai 81,14 untuk Survei Penilaian Integritas 2024 dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK RI).

Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten HSS Zulkifli menerima penghargaan dari KPK saat Rapat Koordinasi (Rakor) Pemberantasan Korupsi dan Pelayanan Publik di wilayah Provinsi Kalsel di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Pemkab HSS terima penghargaan Kharisma Event Nusantara Kemenparekraf RI

"Kita mengharapkan penghargaan ini menjadi langkah awal yang efektif, meningkatkan integritas dan kualitas pelayanan publik," kata Zulkifi mewakili Penjabat Bupati HSS Hermansyah.

Dijelaskan dia, pemberantasan tindak pidana korupsi dan pelayanan publik berjalan optimal dan berdampak positif bagi masyarakat, jika seluruh elemen memiliki komitmen yang kuat.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata, sempat menyampaikan sambutan dan arahan, kemudian diskusi dipimpin Kepala Satgas Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK Marulitua.

Diskusi menghadirkan tiga narasumber, yakni Yonanes Widiyantoro (anggota Ombudsman RI), Muhammad Imanuddin (analis kebijakan utama Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN RB), dan Brigjen Pol. Adhy Satya Perkasa (Kepala Sekretariat Sargat Saber Pungli).

Baca juga: HSS raih peringkat dua kabupaten berprestasi kendalikan inflasi

Selain itu, KPK memberikan apresiasi kepada daerah di wilayah Provinsi Kalsel yang menunjukan kinerja baik terkait pencegahan tindak pidana korupsi.

KPK menganugerahi dua kategori penghargaan utama, yaitu MCP dan SPI 2023, serta Kategori Penyelamatan Keuangan Daerah 2023.

Rakor tersebut diakhiri komitmen bersama untuk melanjutkan dan memperkuat upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di lingkungan Provinsi Kalsel.

Turut hadir pada acara tersebut, antara lain Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, pimpinan KPK, anggota Ombusman RI, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, perwakilan Pemprov Kalsel, dan seluruh pejabat pemerintah daerah di Kalsel.

Baca juga: PT Tirta Amandit Perseroda raih penghargaan Certificate of Apretiation BPKP Kalsel

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024