Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) Aulia Oktafiandi menyerahkan tiga unit mobil ambulans bagi tiga desa untuk mempermudah akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat pedesaan.

“Mobil ambulans ini untuk memudahkan akses warga yang sakit menuju Puskesmas maupun rumah sakit,” kata Aulia di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Rabu.

Baca juga: Pemkab HST beri beasiswa bagi 3.000 pelajar SD tahfiz Al Quran pada 2024

Dia menyebutkan tiga desa yang diberikan bantuan berada di Kecamatan Limpasu, yakni Desa Tapuk, Desa Abung, dan Desa Abung Surapati.

"Pengadaan mobil ambulans ini bersumber dari anggaran desa, yang dianggarkan oleh pemerintah desa melalui persetujuan Pemkab HST," ujarnya.

Aulia menjelaskan pengadaan mobil ambulans ini melalui pertimbangan karena di desa itu meskipun sudah ada ambulans di Puskesmas, namun jumlahnya tidak mencukupi bila dibandingkan dengan jumlah penduduk di Kecamatan Limpasu.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah daerah berupaya meningkatkan pelayanan publik dengan pertimbangan pelayanan kesehatan di desa, kemudian asas darurat, serta pertimbangan anggaran operasional ambulans dari pemerintah desa.

Aulia mengatakan pengadaan mobil ambulans ini untuk memberikan pelayanan kesehatan secara gratis bagi masyarakat, karenanya fasilitas ini harus dijaga dengan baik dan penggunaannya sesuai dengan peruntukan.

Baca juga: Bupati HST kukuhkan 280 santri TK-TP Al Quran XXXVI

“Alhamdulillah seluruh aparat desa saat pembelian ambulans dalam keadaan baru dengan fasilitas yang lengkap. Mari kita manfaatkan dengan baik untuk membantu masyarakat, khususnya bagi warga yang mengalami kondisi darurat kesehatan,” ujar dia.

Kepala Desa Abung Surapati Abduk Hadi menyampaikan terima kasih kepada Bupati HST yang telah menyetujui dan mewujudkan keinginan warga desa kami untuk memiliki ambulans desa.

Dia menyebutkan seluruh masyarakat desa berhak menggunakan fasilitas tersebut jika diperlukan dalam kondisi tertentu.

“Kami berharap mobil ambulans ini dapat meringankan biaya berobat masyarakat ke Puskesmas maupun ke rumah sakit terdekat. Masyarakat tidak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi saat ingin berobat ke Puskesmas,” tutur Abduk.

Baca juga: Bupati HST salurkan bantuan bagi korban kebakaran rumah pada tiga desa

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024