Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) Aulia Oktafiandi menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi korban kebakaran rumah di Desa Kandundung, Desa Pengambau Hilir Luar, dan Kelurahan Barabai Darat.

Aulia menyebutkan kebakaran menghanguskan total empat rumah, yakni di Desa Kadundung rumah milik Muhammad Syahrani pada Senin (17/6) terbakar 100 persen, lalu di Desa Pengambau Hilir Luar rumah milik Siti Rohanah dan Arifin Sri Maulida pada Jumat (7/6) juga terbakar 100 persen, selanjutnya di Kelurahan Barabai Darat rumah milik Arif Rahman Hakim pada Rabu (19/6) terbakar 100 persen.

“Bantuan sosial bagi korban kebakaran ini adalah bantuan lanjutan, sebelumnya Dinas Sosial sudah bergerak cepat menyalurkan bantuan saat terjadi kebakaran,” kata Aulia di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Jumat.

Bupati HST menyerahkan bantuan tersebut pada momen hari keempat Idul Adha di sela pembagian daging kurban ke rumah warga yang tersebar pada 23 desa, sekaligus mengunjungi warganya yang terkena musibah kebakaran dan memberikan bantuan.

"Bantuan berupa sejumlah uang tunai, sembako, peralatan tidur dan dapur, dan paket kebutuhan lainnya. Kita berikan sebagai bentuk empati pemerintah atas musibah yang dihadapi warga, semoga tabah dalam menghadapi musibah,” ujarnya.

Aulia berharap bantuan yang diserahkan sekiranya meringankan beban para korban dan dapat bangkit dari musibah yang dialami serta dapat beraktivitas dengan normal seperti biasanya.

Terkait kejadian kebakaran rumah itu, Bupati HST mengingatkan masyarakat untuk senantiasa waspada terhadap segala bentuk bencana khususnya bencana kebakaran, sesungguhnya dapat dicegah dengan meningkatkan kewaspadaan di lingkungan sekitar.

“Kami telah menyerahkan dokumen kependudukan kepada korban kebakaran rumah, sebagai pengganti dokumen yang ikut terbakar,” ujar Aulia.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024