Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Muhammad Yamin mengapresiasi World Day Music 2024 yang menampilkan musik Banjar.
 
Yamin di Banjarmasin, Minggu, mengatakan World Day Music 2024 atau peringatan Hari Musik Nasional dan Dunia 2024 bisa mengangkat kesenian musik Banjar ke tingkat yang lebih tinggi.

Baca juga: Wali Kota Banjarmasin: Musik lokal harus ikuti perkembangan zaman
 
"Kita apresiasi lagu Banjar juga dinyanyikan pada peringatan tersebut," ujar Yamin.
 
World Day Music 2024 digelar Sahabat Indonesia Satu (SIS) di Banjarmasin pada Jumat (21/6) menampilkan banyak musisi Banjarmasin.
 
Bahkan Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina didampingi Penasehat SIS Kalimantan Selatan Hesly Junianto memuji kesuksesan penyelenggaraan tersebut.
 
Pagelaran yang bertema "Berbudaya, Berkarakter, Maju Terus Musik Indonesia" tersebut dihadiri Ketua Umum (SIS) pusat Sastra Harijanto Tjondrokusumo dan Grup Miracle Band SIS Surabaya grup Balahindang dan para penyanyi terbaik Banjar.
 
Baca juga: Nada sendu pendulang mimpi di Hari Musik Nasional

"Di sini talent muda dengan pemain lama (senior) yang selama ini jarang kita dengar, tampil muncul bersamaan. Meski tidak berkiprah lagi di dunia musik," ujarnya.
 
Ibnu Sina menuturkan musik merupakan instrumen penting yang dapat mempersatukan bangsa terutama melalui harmoni lagu yang dapat membangkitkan semangat nasionalisme di hati. 
 
"Lagu-lagu yang dibawakan tadi sebagian memang menyentuh hati sebab menggambarkan kondisi Indonesia saat ini," ungkap dia.
 
Dia menilai banyak lagu Banjar yang mesti dilestarikan dan diangkat kembali agar tidak tergerus oleh zaman. 
 
Dia pun berharap, ke depan semakin banyak maestro-maestro serta pegiat musik di Kalimantan Selatan dan Banjarmasin yang ikut andil dalam perayaan hari musik dunia itu.
 
"Sarana musik sebagai bahasa universal kami harap dapat menyatukan siapa saja," jelasnya.

Baca juga: Taman Budaya Kalsel siapkan pergelaran dihari musik nasional 2021

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024