Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan mempersiapkan pergelaran seni dan budaya dalam rangka memperingati hari musik nasional pada 7--9 Maret 2021.

"Pergelarannya dilaksanakan secara virtual juga live di YouTube Taman Budaya Kalsel," ujar Kepala Taman Budaya Kalsel Suharyanti di Banjarmasin, Selasa.

Dikatakan dia, ada empat penampilan yang disiapkan untuk pentas pada pukul 20.30 WITA ini, yakni, grup musik Dapur Musik Keronsong Penting.

Kemudian, kata dia, penampilan musik Banjar Bakula Enterprise, kemudian artis muda Kalsel Tommy Kaganangan Produktion dan PAPPRI Kalsel.

Menurut Suharyanti, tujuan pergelaran musik ini untuk memperingati hari musik Nasional supaya masyarakat secara luas bisa melihat dan mengingat kembali bahwasanya Indonesia memiliki berbagai jenis musik tidak hanya musik nasional tetapi musik daerah.

"Ini juga untuk menyampaikan bahwa seni musik sudah banyak berkembang," tuturnya.

Dikatakan Suharyanti, perkembangan seni musik di Kalsel saat ini kalah, karena sudah banyak musisi musik baik tradisional  maupun moderen yang sudah berkiprah membanggakan daerah.

"Musisi daerah kita cukup kreatif menambah jenis aramsemen baru, hingga kaya karakter musik di Kalsel ini," paparnya.

Menurut dia, pada pergelangan ini materi musiknya mewakili dari jenis musik di Kalsel.

Menurut dia, dalam sebuah pekembangan seni musik bagaimana musisi bisa memberikan hiburan dan pesan dengan kemasan kemasan yang diinginkan oleh masyarakat penikmat seni.

"Taman Budaya Kalsel terus memberikan ruang bagi perkembangan kreativitas musisi ini, sebab kita berupaya membina dan melestarikan seni dan budaya daerah," pungkasnya.



 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021