PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) komitmen menyediakan pasokan listrik andal menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah menyiagakan 1.934 personel gabungan berserta peralatan pendukung.
 
General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin di Banjarbaru, Sabtu, mengatakan PLN menyiapkan 193 posko yang tersebar di seluruh unit PLN se-Kalselteng guna mendukung kelancaran maupun kenyamanan seluruh masyarakat saat hari raya kurban tahun ini.

Baca juga: Kiat aman listrik saat tinggalkan rumah pada libur Idul Adha
 
"PLN akan all out untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan seluruh pelanggan untuk menikmati listrik dalam kegiatan penting atau hari besar seperti Hari Raya Idul Adha," ujar GM PLN Joharifin.
 
Sebelumnya, PLN UID Kalselteng sudah melaksanakan pemeliharaan jaringan listrik seperti kegiatan Bakti Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), gerakan akselerasi eksekusi serentak (Gaes), maupun pemeliharaan lainnya.
 
"Salah satu langkah preventif yang dilakukan adalah pengamanan jaringan dengan pemeliharaannya. Diharapkan, melalui kegiatan itu bisa menambah keandalan penyaluran pasokan listrik PLN kepada seluruh pelanggan," ungkapnya.
 
Kegiatan yang dilakukan petugas seperti inspeksi skrining, patroli rutin lokasi-lokasi penting untuk lebih memastikan keandalan infrastruktur kelistrikan aman, sehingga perayaan Idul Adha tahun 2024 bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga: PLN UID Kalselteng sukseskan MP3 Fest Volume II di Banjarbaru
 
Data Petugas Dispatcher Distribution Control Center PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Kalselteng, Jumat (14/6/2024) menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, daya mampu pasok Sistem Kelistrikan Kalselteng sebesar 1.101,19 Mega Watt dengan prediksi beban sekitar 770,59 Mega Watt sehingga masih memiliki cadangan daya 330 Mega Watt. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

"Petugas juga melakukan inspeksi dan mitigasi ke beberapa lokasi prioritas. Ada sekitar 96 lokasi masjid dan ratusan lokasi penting lainnya yang dicek kondisi suplai kelistrikannya," ungkap Joharifin.
 
Dia juga menjelaskan, kemampuan pasokan daya listrik dari pembangkit sudah disiapkan untuk menyuplai kelistrikan seluruh pelanggan di Kalselteng dengan daya mampu mesin pembangkit yang mencukupi bahkan berlebih dari kebutuhan.
 
"Daya mampu mesin pembangkit sangat cukup bahkan berlebih dari kebutuhan. Sistem Kelistrikan Kalselteng memiliki daya mampu sebesar 1.101 Mega Watt dengan prediksi beban sekitar 770 Mega Watt sehingga ada cadangan daya 330 Mega Watt," sebutnya.
 
Kemudian, PLN UID Kalselteng juga menyiapkan peralatan pendukung operasional lain seperti 45 genset dengan total daya 2.347 kilo Volt Ampere (kVA), 46 Uninterruptible Power Supply (UPS) sebesar 731 kVA, 27 Unit Gardu Bergerak (UGB) total daya 7.580 kVA, 3 Unit Kabel Bergerak (UKB) sepanjang 1.800 meter, 6 crane, 199 mobil, 123 motor, serta tersedia 14 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).
 
"Khusus SPKLU, kami pastikan selalu standby selama 24 jam dan petugas siap membantu. Jumlahnya akan terus ditambah pada beberapa lokasi demi memberi kenyamanan kepada seluruh pengguna kendaraan listrik," katanya.
 
Joharifin berharap, segala persiapan yang telah dilakukan oleh PLN UID Kalselteng akan membuat seluruh masyarakat dapat menikmati listrik dengan nyaman dan ibadah pada perayaan Hari Raya Idul Adha 2024 yang berjalan lancar dan penuh dengan keberkahan.
 
Baca juga: PLN siapkan listrik terintegrasi teknologi digital untuk "smart city" di IKN
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024