PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah memberikan kiat aman bagi masyarakat yang tengah bepergian dan meninggalkan rumah saat perayaan libur Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024 Masehi.
 
"Kami mengingatkan pentingnya mengamankan peralatan kelistrikan dan fasilitas lain di rumah sebelum bepergian dalam kurun waktu yang cukup lama menjelang dan sesudah Idul Adha," ujar General Manager PT PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin di Banjarbaru, Kamis.

Baca juga: PLN UID Kalselteng sukseskan MP3 Fest Volume II di Banjarbaru
 
Menurut Joharifin, meski pun hari libur Idul Adha tidak sepanjang hari libur bersama pada perayaan Idul Fitri lalu, tetapi momentum Idul Adha dipastikan banyak masyarakat yang meninggalkan rumahnya baik untuk mudik maupun pulang kampung.
 
Ditekankan, guna memastikan waktu berkumpul bersama keluarga dapat berjalan tanpa hambatan, beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum meninggalkan rumah melalui tips aman yang dipersiapkan.
 
"Penting sekali selalu perhatian terhadap keamanan di lingkungan rumah sebelum bepergian terutama pengamanan peralatan kelistrikan dan fasilitas lain sebelum bepergian dalam kurun waktu cukup lama," ucapnya mengingatkan.
 
Dikatakan Joharifin, beberapa tips yang bisa dilakukan adalah rapikan rumah sebelum bepergian karena akan sangat membantu saat kembali ke rumah. Selain membuat lebih nyaman, juga dapat menghindarkan rumah dari binatang seperti tikus, semut, maupun nyamuk.

Baca juga: PLN siapkan listrik terintegrasi teknologi digital untuk "smart city" di IKN
 
Masyarakat pelanggan PLN diminta untuk menghindari penumpukan steker dalam satu titik karena dapat menyebabkan kebakaran akibat yang beban berlebih. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

Kemudian, matikan fasilitas listrik yang tidak digunakan, cabut steker peralatan listrik yang tidak dipakai seperti rice cooker, dispenser, mesin pompa air dan peralatan listrik lain. Selain itu hindari penumpukan steker dalam satu titik karena berpotensi menyebabkan korsleting hingga terjadinya kebakaran.
 
Selanjutnya, nyalakan lampu-lampu penerangan untuk menjamin peningkatan keamanan, cukup menyalakan beberapa titik lampu penerangan di rumah agar tidak terlihat gelap pada malam hari.
 
Bayar tagihan listrik dan isi token listrik tepat waktu menghindarkan pelanggan dari pemutusan. Selain itu penting juga memeriksa isi token listrik yang tersisa, jika akan habis segeralah melakukan pembelian agar listrik di rumah tidak mati.
 
"Pelanggan dapat menggunakan Aplikasi PLN Mobile untuk transaksi dan beberapa tips yang disampaikan merupakan perhatian PLN terhadap kenyamanan seluruh masyarakat. Harapan kita semua bisa merayakan Hari Raya Idul Adha 2024 dengan penuh hikmat dan keberkahan," kata Joharifin.
 
Baca juga: PLN UID Kalselteng pemeliharaan infrastruktur listrik jelang Idul Adha

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024