Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin mendengarkan aspirasi masyarakat melalui safari Jumat dengan mendatangi masjid sebelum pelaksanaan shalat Jumat.
 
Selain silaturahmi, wali kota juga menyerahkan bantuan hibah bagi rumah ibadah saat safari Jumat di Masjid Darussalam Landasan Ulin Utara Kecamatan Liang Anggang Banjarbaru, Jumat.
 
"Safari Jumat ini merupakan sarana bagi kami melihat langsung kondisi sosial dan mendengarkan aspirasi warga dari berbagai bidang, seperti infrastruktur, pelayanan, kesehatan, sosial, dan lainnya," ujar Aditya.
 
Menurut wali kota, safari Jumat yang menjadi agenda rutin setiap Jumat itu juga diisi penyerahan bantuan seperti di Masjid Darussalam berupa ratusan karung semen digunakan untuk renovasi masjid tersebut.
 
Aditya menuturkan, peningkatan sarana prasarana tempat ibadah merupakan salah satu jalan untuk membangun sumber daya manusia yang lebih agamis sebagai salah satu visi Banjarbaru Juara.
 
"Bantuan hibah yang diserahkan merupakan langkah kongkret pemkot dalam upaya memajukan kualitas kehidupan keagamaan sekaligus memperkuat kerukunan antarumat beragama," ungkapnya.
 
Ditekankan, pihaknya mengajak pimpinan SKPD lingkup pemkot guna mendengarkan aspirasi masyarakat dan mengetahui kondisi lapangan sehingga warga bisa menyampaikan langsung informasi atau keluhan.
 
"Jadi, kalau ada informasi maupun keluhan terkait pelayanan publik atau hal lainnya, bisa disampaikan secara langsung karena ada pimpinan atau pejabat yang menangani juga hadir di safari Jumat," ucapnya.
 
Dikatakan Aditya, selain silaturahmi dan menyerahkan bantuan, pihaknya juga menyampaikan program yang menjadi unggulan pemkot dalam bentuk kegiatan maupun program peningkatan sumber daya manusia.
 
"Sejumlah program unggulan bidang keagamaan sudah dilakukan seperti program Dauroh bagi guru-guru agama dengan cara diberangkatkan ke Yaman untuk memperdalam ilmu agama," tuturnya.
 
Selanjutnya, program beasiswa bagi warga berprestasi maupun kurang mampu baik ke lembaga pendidikan lokal maupun internasional serta pembekalan bahasa asing bagi para pencari kerja ke berbagai negara.
 
 
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024