Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mencetak lulusan program Doktor Ilmu Lingkungan pertama jebolan perguruan tinggi negeri (PTN) di Kalimantan bernama Pardi Affandi.

"Kelulusan saudara Pardi Affandi ini menjadi kebanggaan bagi ULM," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Iwan Aflanie di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat.

Baca juga: Fakultas Hukum ULM gelorakan mahasiswa semangat kesadaran bela negara

Program Doktor Ilmu Lingkungan ULM pertama kali menerima mahasiswa baru angkatan pertama pada 2022.

Selama masa studi selama dua tahun 10 bulan, Pardi Affandi menghasilkan dua karya ilmiah yang diterbitkan di Jurnal Internasional Bereputasi Scopus dengan peringkat Q4 dan Q1. 

Adapun disertasi yang diajukan berjudul “Model Matematika Epidemiologi Demam Berdarah Dengue.

Iwan mengatakan program Doktor Ilmu Lingkungan ULM yang saat ini terakreditasi Baik Sekali oleh BAN-PT adalah program doktor multidisiplin yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia unggul. 

Baca juga: Bawaslu Kalsel-ULM sepakat kawal pilkada lewat literasi kepemiluan

Lulusan program ini mampu menjawab permasalahan lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam (SDA). 

Program ini mensinergikan perkembangan teknologi dan inovasi dalam pemanfaatan lingkungan lahan basah yang berkelanjutan.

Saat ini ULM memiliki sembilan program doktor (S3) pada Program Pascasarjana yakni Program Doktor Ilmu Pertanian, Program Doktor Studi Pembangunan, Program Doktor Ilmu Lingkungan, Program Doktor Hukum, Program Doktor Ilmu Kedokteran, Program Doktor Ilmu Manajemen, Program Doktor Administrasi Pendidikan, Program Doktor Bahasa Indonesia dan Program Doktor Pendidikan IPS.

Baca juga: Poliban dan ULM berbagi ilmu terkait keterbukaan informasi publik

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024