Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Said Abdullah mengikuti Rapat Kerja Nasional XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) 2024 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
 
Keterangan tertulis Dinas Kominfo Banjarbaru di Banjarbaru, Kamis, menyebutkan Sekda Banjarbaru mengikuti Rakernas Apeksi pada hari kedua atau Rabu.

Baca juga: Banjarmasin buka stan pada Indonesia City Expo di Kaltim
 
Wali Kota Surabaya, Jawa Timur Eri Cahyadi dan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud ditunjuk sebagai pimpinan sidang sementara bersama Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam.
 
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan Apeksi sebagai wadah bagi 98 kota di Indonesia, memiliki potensi besar untuk bersinergi dan menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat bagi bangsa.
 
"Setiap daerah memiliki kelebihan yang berbeda-beda namun tetap akan menjadi satu dan kami selalu meminta arahan kepada pemerintah pusat, setelah itu diterapkan kepada seluruh kota di Indonesia," ujarnya.
 
Eri menuturkan jika ada aplikasi atau program yang bagus di satu kota, maka bisa diterapkan di kota lain tanpa perlu mengeluarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
 
"Setiap aplikasi atau program yang bagus cukup satu saja kemudian ditiru dan diterapkan ke daerah lain sehingga membawa manfaat bagi daerah lain terutama daerah yang menjadi anggota Apeksi," tuturnya.

Baca juga: Raker Apeksi Kalimantan bahas infrastruktur dan kualitas SDM penyangga IKN
 
Wali Kota Balikpapan Rahmad mengusulkan Munaslub 2025 digelar di Kota Surabaya dan usulan yang disampaikan itu pun langsung didukung para peserta atau anggota Apeksi yang hadir.
 
"Wali Kota Ternate mengusulkan Surabaya sebagai tuan rumah dan saya sebagai tuan rumah di Kota Balikpapan juga setuju karena Kota Surabaya lebih dekat dikunjungi daerah lainnya," ucap dia.
 
Usulan yang disampaikan Rahmad disambut hangat oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan siap jika Kota Surabaya diberi kepercayaan sebagai tuan rumah pelaksanaan Munaslub Apeksi 2025.
 
"Jadi melihat usulan banyak yang setuju Munaslub diselenggarakan di Kota Surabaya maka akan digelar di Surabaya dengan agenda pemilihan Ketua Apeksi," kata Eri Cahyadi yang sekaligus Ketua Apeksi 2023-2025.

Baca juga: Gubernur Sahbirin Noor amanatkan bangun ekonomi pada Raker Apeksi 2024

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024