Pemerintah Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan menduduki peringkat enam terbaik nasional untuk kategori penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pemerintah kota pada Digital Government Award (DGA) 2024.
 
"Kita bersyukur meraih prestasi ini secara nasional," ujar Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina melalui keterangan tertulis di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Indeks "smart city" dan SPBE Banjarmasin meningkat pesat
 
Wali Kota Banjarmasin ikut menghadiri acara SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, Senin.
 
Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas turut hadir pada acara tersebut.
 
Menurut Ibnu Sina, penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap upaya yang telah dilakukan Pemkot Banjarmasin serta dukungan yang diberikan warga.
 
Dia menyoroti peran penting aplikasi "Banjarmasin Pintar" yang telah memberikan kemudahan akses layanan publik sejak 2021. 

Baca juga: Pemkot Banjarmasin tingkatkan sistem pemerintahan berbasis elektronik
 
Aplikasi ini, jelas Ibnu Sina, telah membantu mengintegrasikan seluruh layanan publik ke dalam Super Apps, sehingga masyarakat dapat menikmati layanan tersebut dengan mudah melalui satu platform digital.
 
"Kita sudah memiliki aplikasi Banjarmasin Pintar yang berguna agar seluruh pelayanan berada dalam satu genggaman sehingga masyarakat bisa menikmati pelayanan publik dan tahun ini Banjarmasin mendapat penghargaan dengan nilai SPBE tertinggi 10 Besar se-Indonesia yaitu peringkat 6," ungkapnya.
 
Gelar SPBE Summit dan Peluncuran GovTech Indonesia dalam rangkaian Digital Government Award 2024, merupakan komitmen nyata untuk mendorong keterpaduan layanan pemerintah pada tingkat nasional maupun daerah.
 
Ibnu Sina mengungkapkan hal tersebut sebagai langkah konkret menuju cita-cita bersama karena Penghargaan Digital Government Award juga merupakan hasil pemantauan dan evaluasi terhadap penerapan SPBE di seluruh instansi pemerintah dengan melibatkan 30 perguruan tinggi dan 47 indikator penilaian.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin targetkan E-Parkir rampung tahun ini

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024