Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan berkomitmen meningkatkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) pada semua layanan.
 
"Baik layanan ke publik maupun antar pemerintah," ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin Windiasti Kartika di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin targetkan E-Parkir rampung tahun ini
 
Saat ini, ungkap dia, index pengguna sistem pemerintahan berbasis elektronik di Pemkot Banjarmasin sudah berada pada angka 3,31 atau kategori baik.
 
Menurut dia, pada 2023 ini komitmen bersama di lingkungan Pemkot Banjarmasin bisa menaikkan indeks penggunaan SPBE tersebut hingga angka di atas empat atau kategori sangat baik.
 
Untuk mewujudkan itu, ungkap dia, maka pihaknya menggelar seminar yang bertujuan menguatkan kembali cara atau langkah yang tepat guna mengimplementasikan SPBE di Kota Banjarmasin.
 
"Sehingga kinerja birokrasi dan layanan publik di lingkup pemerintah kota Banjarmasin dapat meningkat," tuturnya.
 
Dikatakan Windi, momentum ini harus dimanfaatkan sebagai ajang evaluasi dalam rangka mempertahankan bahkan meningkatkan kembali nilai indeks SPBE Kota Banjarmasin yang sudah ada.

Baca juga: SPBE Banjarmasin raih nilai tertinggi se-kabupaten/kota di Kalimantan
 
"Kita ingin kesadaran akan betapa pentingnya SPBE ini bisa meningkat bagi kita yang ada di pemerintah daerah (Pemkot Banjarmasin)," ujarnya.
 
Menurut Windi, pada era digitalisasi sudah sepatutnya semua pelayanan baik layanan publik maupun layanan pemerintahan itu terintegrasi secara digital. 
 
Dia pun mengimbau agar program SPBE dapat didukung penuh dan dilaksanakan secara bersama-sama.
 
"Program ini harus sama-sama kita dukung, kita laksanakan tidak hanya tugas Diskominfo saja sebagai leading sector tetapi menjadi tugas kita bersama," tutur Windi.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin gelar pemilihan "Nanang Galuh Banjar" 2023

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023