Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Dekranasda HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) Cheri Bayuni Budjang mengajak para pengusaha swasta untuk aktif ikut memberikan pembinaan kepada pelaku industri kecil menengah (IKM) lokal di daerahnya.

Ketua Dekranasda HST Cheri Bayuni Budjang di Pantai Hambawang Barat, Hulu Sungai Tengah, Selasa, bersama para pengusaha memberikan pembinaan kepada IKM Mujisela sebagai upaya meningkatkan kreativitas serta daya saing pelaku industri dalam menciptakan produk.

Baca juga: Bupati HST tingkatkan kapasitas RT melalui pelatihan

“Menggencarkan pembinaan kepada pelaku IKM menjadi salah satu perhatian kami, ini adalah komitmen untuk mendukung dan mempromosikan IKM lokal agar semakin di kenal pasar nasional hingga mancanegara,” kata Cheri.

Ia menyebutkan selain kegiatan pembinaan, Dekranasda HST juga menjalin komunikasi dan berdiskusi dengan para pengusaha dan inovator untuk membahas upaya peningkatan kualitas produk IKM lokal.

“Melalui kolaborasi antara pemerintah daerah, pengusaha, dan masyarakat, kami optimis para pelaku IKM dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” ujarnya.

Pada kegiatan pembinaan itu, Cheri mengajak para pelaku IKM untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan kreativitas dalam menciptakan berbagai produk industri yang berkualitas sehingga memiliki daya saing baik di pasar lokal hingga mancanegara.

Baca juga: Bupati HST salurkan bantuan ratusan ekor DOD itik kepada KWT Melati

Menurut dia, pelaku IKM yang memiliki kompetensi dan pengetahuan yang luas tentu menjadi salah satu faktor untuk menghasilkan produk IKM yang berdaya saing.

Jika para pelaku IKM saling berlomba kreativitas, lanjutnya, tentu berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi lokal karena masyarakat akan semakin tertarik dengan karya-karya IKM di Hulu Sungai Tengah.

“Pada intinya, kegiatan pembinaan IKM kami masifkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Hulu Sungai Tengah,” tutur Cheri.

Dekranasda Kabupaten HST juga melibatkan  para finalis nanang galuh Kabupaten HST 2024 (pemilihan putra dan putri terbaik daerah), dengan harapan kegiatan pembinaan IKM dapat menginspirasi para generasi muda dalam mengembangkan minat bidang kewirausahaan.

Baca juga: Petahana Aulia-Mansyah kembali maju perseorangan pada Pilkada HST 2024

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024