Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah  menyampaikan kurang lebih 30.000 hektare lahan di HSS sedang proses panen.

Hermansyah mengatakan, tentu ini menjadi sangat membahagiakan dan disyukuri karena HSS akan surplus beras sehingga tidak kekurangan stok beras.

"Alhamdulillah, mudah-mudahan apa yang kita lakukan dalam memajukan pertanian di daerah menjadi keberkahan bagi semuanya," kata Pj Bupati yang juga menjabat Kepala Dispora Kalsel, dalam rangkaian panen raya di Desa Hariti, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten HSS, Selasa.

Baca juga: Lima kelompok wanita Tani Angkinang HSS terima bantuan P2L

Terkait panen raya, dirinya merasa bersyukur dapat berhadir dan melaksanakan langsung panen padi di Desa Hariti, Sungai Raya.

Panen raya dilaksanakan di lahan tanam padi warga yang luas, dan ia berharap hasil panen nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kecamatan Sungai Raya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian HSS M Noor mengatakan panen raya diselenggarakan di Kelompok Tani Gua Makmur, di Desa Hariti, Sungai Raya. 

Baca juga: PT AGM bantu poktan wujudkan ketahanan pangan di HSS

Dijelaskan dia, syukuran panen raya ini diadakan untuk merayakan hasil panen yang melimpah, serta sebagai apresiasi terhadap kerja keras para petani dalam meningkatkan produksi pertanian di daerah.

"Dalam rangkaian kegiatan kita juga diserahkan bantuan benih padi dan alat dan mesin pertanian (alsintan), upaya meningkatkan produktivitas pertanian untuk kelompok tani," ucapnya.

Ditambahkan dia, dengan bantuan alsintan ini diharapkan dapat membantu petani dalam meningkatkan hasil panen, serta efisiensi dalam proses pertanian.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024