Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pertanian menggelar penyerahan bantuan kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Bantuan diserahkan Penjabat(Pj) Bupati HSS Hermansyah bersama Pj Ketua TP PKK HSS Rusnawati, dalam rangka penanganan inflasi dan penurunan stunting untuk lima kelompok wanita tani di Desa Bamban, Kecamatan Angkinang.

" Bantuan diberikan kepada lima kelompok wanita tani, masing-masing kelompok mendapatkan bantuan dana sebesar Rp60 juta," kata Kepala Dinas Pertanian HSS Muhammad Noor, di Angkinang, Selasa.

Dijelaskan dia, kelompok wanita tani yang dapat bantuan dari Desa Batang Kulur, Kanan Kecamatan Sungai Raya, Desa Jembatan Merah Kecamatan Padang Batung.

Baca juga: 19 kelompok tani di HSS terima hibah alsintan

Kemudian, dari Desa Gambah Luar Muka Kecamatan Kandangan, Desa Bamban serta Desa Bamban Utara Kecamatan Angkinang.

"Program P2L merupakan kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan, lahan tidur, dan lahan kosong tidak produktif, kemudian difungsikan jadi lahan penghasil pangan memenuhi kebutuhan pangan dan gizi rumah tangga," ujarnya.

Pj Bupati HSS Hermansyah, mengatakan penyerahan bantuan pekarangan pangan lestari bertujuan untuk penanganan inflasi, penanganan stunting, dan penanganan kemiskinan ekstrim yang ada di wilayah HSS.

Menurut dia, banyak bantuan yang diserahkan, mulai dari bantuan bibit, pendanaan, dan termasuk dalam penanganan kalau ada bencana.

"Ini upaya kita agar penanganan inflasi, penanganan stunting, dan penanganan kemiskinan ekstrim itu semakin turun di Kabupaten HSS," tuturnya.

Selain itu, juga bantuan ini untuk meningkatkan ketahanan keluarga, sehingga bekerjasama dengan TP PKK HSS dalam penanganan kelompok tani wanita yang ada di desa, agar semakin bisa mengembangkan usahanya.

Baca juga: Gubernur Kalsel dan pj bupati rayakan keberhasilan panen padi di HSS

Bantuan ini adalah stimulus untuk bisa lebih berkembang usahanya, sehingga pendapatan keluarga mereka akan semakin meningkat.

"Program ini kami harapkan agar semakin dikembangkan sehingga ketahanan keluarga semakin meningkat, berujung untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Ketua TP PKK HSS Rusnawati, mengatakan pihaknya bersinergi dan berkolaborasi dengan Pj Bupati HSS dan Dinas Pertanian, dimana PKK HSS selalu mensupport kegiatan yang dilaksanakan Pemkab HSS, dalam rangka terus mensejahterakan masyarakat di HSS.

"Kita menginginkan program ini bisa membawa manfaat bagi masyarakat, menangani inflasi, stunting, dan kemiskinan ekstrim dapat berjalan dengan baik, sehingga permasalahan tersebut dapat berkurang," terangnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024