PT Antang Gunung Meratus (PT AGM) menjalankan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dengan menyerahkan bantuan kepada kelompok tani (Poktan) berupa sarana, prasarana dan pelatihan untuk mewujudkan ketahanan pangan pedesaan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan.

Section Head CSR PT AGM Widharto Ali di Kandangan, Sabtu, mengatakan kegiatan ini berupa bantuan sarana dan prasarana produksi pertanian (saprodi), alat mesin pertanian (alsintan), dan pelatihan peningkatan kapasitas kelompok tani (poktan).

Baca juga: Tim gabungan patroli kawasan konsesi PT AGM cegah peti

"Kegiatan ini mendukung ketahanan pangan di HSS dan berkontribusi terhadap tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) untuk mengakhiri kelaparan dan pertanian keberlanjutan," ujar Widharto.

Dijelaskan dia, PT AGM menyalurkan bantuan saprodi dan alsintan berupa benih padi, jagung, kacang tanah, mesin traktor, kultivator, mesin pemotong rumput, dan aneka pupuk bagi tujuh kelompok tani di desa lingkar wilayah Kecamatan Padang Batung.

Widharto menuturkan bantuan ini tidak lepas dari kolaborasi Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Padang Batung sebagai institusi pemerintah yang memiliki kompetensi dalam membina dan mengembangkan poktan. 

PT AGM juga berkolaborasi bersama Dinas Pertanian Kabupaten HSS mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas dan dinamika kelompok tani.

Baca juga: PT AGM dukung pecahkan rekor Indonesia untuk jalan sehat di Tapin
 
Perwakilan PT Antang Gunung Meratus menyerahkan alat pertanian kepada kelompok tani di Padang Batung, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Kamis (21/12/2023). (ANTARA/HO-PT AGM)


Pelatihan tersebut diikuti tujuh poktan dari beberapa desa lingkar dengan narasumber dari Dinas Pertanian Kabupaten HSS dan BPP Kecamatan Padang Batung yang memiliki kompetensi pada bidang pertanian.

PT AGM juga berupaya merealisasikan ketahanan pangan melalui pendampingan pelatihan dan bantuan alat dan produksi pertanian kepada masyarakat.

Menurut Widharto, PT AGM menjalankan program PPM di wilayah Kecamatan Padang Batung karena salah satu wilayah yang memiliki potensi besar sebagai pemasok kebutuhan pangan di Kabupaten HSS.

"Semoga poktan yang telah mengikuti pelatihan dapat menjadi role model bagi kelompok tani lainnya, demi terwujudnya ketahanan pangan di Kabupaten HSS,” ucap Widharto.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten HSS Syaifullah mengapresiasi PT AGM yang menjalankan program peningkatan kapasitas kelompok tani di Kecamatan Padang Batung.

"Harapan kami bahwa PT AGM melalui program CSR, dapat melakukan pendampingan bagi poktan dari hulu hingga hilir,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab HSS dan PT AGM kerjasama Program Mitra Bakul Sembako GM

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023