Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Ratusan Usaha Kecil Menengah (UKM) meramaikan gelar Pekan Raya Banjarmasin 10-13 November 2016 yang bertempat di samping "flyover" jalan Lingkar Dalam Selatan, Banjarmasin.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina yang membuka acara tahunan tersebut, Kamis, menyatakan ajang itu sangat penting untuk mengangkat produk UKM daerah.

"Beragam produk UKM seperti kuliner, kerajinan dan makanan ringan bisa diperkenalkan di sini," ujarnya.

Ibnu Sina mengharapkan akan banyak pengunjung yang datang di kegiatan yang pertama kalinya digelar di lokasi tersebut, karena bertujuan pula untuk memperkenalkan pusat kuliner yang dinamainya "Pusat Kuliner Baiman Banjarmasin".

"Pergelaran di sini menjadi istimewa karena akan menjadi tempat relokasi para pedagang kaki lima yang berjualan di sepanjang Jalan A Yani dari KM 1 hingga KM 6," tuturnya.

Dia menargetkan akhir tahun 2016 sudah bisa merelokasi para PKL di protokol A Yani tersebut, sebab sudah mendesak untuk ketertiban kota dan arus lalu lintas.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Banjarmasin Priyo Eko W menambahkan setelah gelar Pekan Raya Banjarmasin itu maka akan diundi penempatan para PKL di lokasi baru tersebut.

"Yang terdata ada sebanyak 110 PKL, untuk yang jualan jenis martabak dan gorengan ditempatkan di bagian depan, (penggunaan) tempatnya (menggunakan) sistem sewa," terangnya.

Dia memastikan relokasi PKL Jalan A Yani itu akan berjalan sukses sebab sudah menjadi komitmen Pemkot dan pihak kepolisian setempat untuk tidak tertunda lagi.

"Tentunya di tempat baru itu tidak langsung bisa ramai, makanya kita upayakan berbagai cara nantinya untuk memperkenalkannya," tutup Priyo.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016