Polres Tapin jajaran Polda Kalimantan Selatan menyiapkan ratusan personel guna mengamankan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXXV Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang digelar pada 27 April-2 Mei 2024.

"Kekuatan dari Polres Tapin ada 200 anggota di-back up juga oleh Kodim 1010 Tapin, Satpol PP, Dinas Perhubungan hingga relawan dan akan ada apel gabungan," kata Kapolres Tapin AKBP Sugeng Priyanto di Rantau, Kabupaten Tapin, Jumat.

Baca juga: Pemkab Tapin libatkan UMKM-pelajar produksi suvenir MTQ tingkat Kalsel

Sugeng mengatakan petugas akan mengawal seluruh konsentrasi massa pada rangkaian MTQ agar memberikan rasa aman kepada peserta hingga masyarakat yang ikut merayakan.

"Pusat pengamanan salah satunya di venue, kemudian tempat penginapan kafilah, bazar hingga karnaval," ungkapnya.

Dituturkan Sugeng, petugas gabungan juga akan menyasar pengamanan terhadap setiap individu peserta dari berbagai kafilah yang beraktivitas di wilayah Kabupaten Tapin selama pelaksanaan MTQ.

"Venue ada sekitar 10, sedangkan pemondokan ada 13 titik, kita sebar anggota yang juga untuk mengatur mobilitas," ujar Sugeng.

Baca juga: Pj Bupati Tapin prediksi MTQ tarik puluhan ribu orang dan berdampak ekonomi

Sugeng menyebutkan pengamanan tak hanya menyasar lokasi acara yang menjadi konsentrasi massa, namun juga daerah lain yang ada di wilayah Kabupaten Tapin.

Sejauh ini, Sugeng mengungkapkan belum ada kendala yang berarti, semua potensi hambatan yang dapat mengganggu kelancaran MTQ di Kabupaten Tapin sudah dilakukan mitigasi.

Selebihnya, Kapolres Tapin mengharapkan agar pelaksanaan MTQ berjalan sukses dan Tapin selaku tuan rumah bisa memberikan kesan yang baik bagi kafilah di seluruh Kalimantan Selatan.

"Kita harapkan juga kepada seluruh masyarakat bisa mendukung pelaksanaan MTQ agar menciptakan kesan tersendiri, sehingga nanti mereka datang lagi ke Tapin," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Tapin janjikan 40 paket umrah untuk juara MTQN Kalsel

Terpisah, Penjabat Bupati Tapin Syarifuddin mengatakan total peserta dari kafilah 13 kabupaten kota di Kalimantan Selatan sebanyak 1.560 orang dan dewan hakim mencapai 140 orang.

Ia memprediksi acara MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ini bakal menarik puluhan ribu masyarakat ke Kabupaten Tapin.

"Persiapan acara dari kita sudah hampir sampai 100 persen. Mudah-mudahan dapat berjalan lancar," ujar Syarifuddin.

Baca juga: Pemkab Tapin hibahkan Rp15 miliar untuk persiapan tuan rumah MTQ Nasional Kalsel

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024