Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV yang bakal digelar Agustus 2024 bertepatan dengan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kalimantan Selatan pada 14 Agustus 2024.

"Gubernur Paman Birin telah setuju gelaran Porwanas di bulan Agustus, jadi tinggal PWI berkoordinasi dengan Pemprov Kalsel untuk persiapannya," kata Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel Zainal Helmi saat dikonfirmasi di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Sebanyak 14 tim ramaikan Turnamen Futsal Antar Wartawan 2023

Diketahui, pengurus PWI Pusat telah menetapkan Provinsi Kalsel sebagai tuan rumah Porwanas 2024 berdasarkan surat nomor 120/PWI-P/LXXVII/2023 tertanggal 29 November 2023.

PWI Kalsel selaku pelaksana daerah langsung bekerja secara maraton mempersiapkan segalanya mulai rapat pleno hingga melaporkan kepada pemerintah daerah.

Porwanas dipusatkan di Kota Banjarmasin dengan seremonial pembukaan di Gelanggang Olahraga (Gelora) Paman Birin di Komplek Perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru.

Sementara acara penutupan dirancang di Tugu Siring Nol Kilometer Banjarmasin di tepi sungai Martapura.

Baca juga: Hasil kejuaraan bulutangkis Antardesk diharapkan perkuat PWI Kalsel di Porwanas

Kontingen PWI se-Indonesia juga dijadwalkan terlebih dahulu dijamu dalam gala dinner oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Kalsel Irwansyah mengatakan pihaknya mengusulkan 15 cabang olahraga untuk dipertandingkan di Porwanas tahun depan, termasuk satu cabang olahraga kearifan lokal yaitu balogo.

"Paman Birin mendukung olahraga rekreasi ini ditandingkan saat Porwanas, mudah-mudahan nanti disetujui saat Rakernas SIWO pusat pada Februari 2024," ujarnya.

Baca juga: Kalsel siap jadi tuan rumah Porwanas 2024

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023