Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan saat Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) yang digelar Badan Urusan Logistik (Bulog) pusat.

Sejumlah pejabat Pemkab HSS turut hadir pada apel Gerakan Pangan Murah (GPM) menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 2024.

"Apel dilaksanakan dari Komplek Gudang Bulog Jakarta dan kita ikuti secara online sebagai upaya memastikan partisipasi luas dari berbagai pihak terkait," kata Sekretaris Daerah M Noor di Kandangan, Senin.

Baca juga: 492 KK terdampak banjir di Kalumpang terima bantuan beras CPPD

Dijelaskan dia, kegiatan ini merupakan bagian dari Gerakan Pangan Nasional melibatkan sejumlah dinas yang menangani urusan pangan pada 38 provinsi dan 514 kabupaten atau kota.

Selain itu, Noor menuturkan apel tersebut untuk mendukung program Stabilitas Harga Pangan (PSHP) yang telah dicanangkan Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Sebelumnya, Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan GPM akan dilakukan serentak pada 38 Provinsi dan 514 kabupaten atau kota se-Indonesia hingga 9 April 2024.

"Hal ini sejalan untuk memastikan agar pasokan dan harga pangan terjaga baik di masyarakat," ujar Arief.

Baca juga: Pemkab HSS tetapkan 91 lokasi untuk pasar pangan murah pada 2024

Menurut dia, Bapanas, BUMN Pangan, pemangku kebijakan soal pangan termasuk hilir, seperti Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo), seluruh pemerintah provinsi, dan pemerintah kota/kabupaten menggulirkan GPM hingga 9 April 2024.

Arief berharap masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan pokok, sehingga bisa mempersiapkan kebutuhan lebaran dengan baik.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024