Sebanyak 492 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Kalumpang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terdampak banjir menerima bantuan beras Cadang Pangan Pemerintah Daerah (CPPD).

Penyerahan bantuan diserahkan Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah yang didampingi Asisten Administrasi Umum Setda HSS Efran, Camat Kalumpang Wahyudi Noor, secara simbolis di Desa Balanti, Kecamatan Kalumpang.

"Alhamdulillah kita telah memberikan bantuan beras, sembako yang kita berikan kepada warga terdampak untuk mengurangi beban akibat musibah banjir,” kata Hermansyah dalam keterangan, di Balanti, Jum'at.

Baca juga: Pemkab HSS tetapkan 91 lokasi untuk pasar pangan murah pada 2024

Dijelaskan Hermansyah, beberapa desa bahkan ada yang sampai lebih dari tiga bulan terendam banjir, tentu kondisi ini akan pihaknya koordinasikan juga dengan beberapa dinas terkait di lingkup Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Hal ini agar bisa memberikan bantuan, termasuk penanggulangan rumah yang memang sangat rendah dari jalan, dengan berkolaborasi dengan Pemkab HSS.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSS A Mawardi, mengatakan bantuan yang disalurkan berupa bantuan beras CPPD, dengan volume 10 kilogram per KK, serta Dinas Sosial HSS berupa bingkisan sejumlah 492 KK.

Baca juga: Asisten administrasi umum Setda HSS buka konferensi kerja IV PGRI Tahun 2024

Diterangkan Marwadi, beberapa wilayah yang terdampak banjir di Kecamatan Kalumpang ada delapan desa di antaranya Desa Sirih Hulu, Sirih, Kalumpang, Balanti, Karang Bulan, Bago Tanggul, Balimau dan Desa Karang Paci.

Banjir dipicu intensitas curah hujan tinggi, sehingga rumah-rumah terendam selama kurun waktu lebih dari satu minggu, sekitar tanggal 12 hingga 24 januari 2024.

"Dampak banjir menyebabkan terganggunya aktivitas masyarakat kita sehari-hari, serta dampak lainnya menyebabkan lahan pertanian ikut tergenang, sehingga sebagian mengalami gagal tanam," ujarnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024