Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyiapkan tenaga kesehatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi pasien anak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Kepala Dinas Kesehatan HST Desfi Delfiana Fahmi di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Sabtu, mengatakan selain untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia (SDM) di rumah sakit, upaya ini juga untuk mendukung bertambahnya fasilitas ruang rawat inap pasien anak di RSUD H Damanhuri Barabai.

Baca juga: Pemkab HST vaksin 148 calon jamaah haji

“Pemerintah daerah dalam hal ini Dinkes Kesehatan, berperan sebagai pembina, regulator, dan pengawas bagi rumah sakit,” ujarnya.

Desfi menjelaskan dalam menjalankan fungsi itu, pemerintah daerah perlu mengambil langkah konkret memberikan dukungan terhadap peningkatan layanan kesehatan yang berkualitas di Hulu Sungai Tengah.

Bupati HST Aulia Oktafiandi baru saja meresmikan tiga ruan rawat inap anak di RSUD H Damanhuri, pada beberapa waktu lalu, di antaranya yakni ruangan PICU (Pediatric Intensive Care Unit), NICU (Neonatal Intensive Care Unit), dan Perinatologi.

Fasilitas kesehatan ini untuk meminimalisir angka kematian pasien anak baik dari daerah setempat maupun luar daerah.

Baca juga: Bupati HST lantik 83 pejabat percepat pembangunan

“Tahun ini akan ada pembukaan rekrutmen PPPK untuk tenaga kesehatan yang akan ditempatkan dinas di rumah sakit dan dinas kesehatan,” kata Desfi.

Namun, dia menyebutkan untuk informasi resmi terkait jadwal, tahapan, dan jumlah kuota yang disediakan akan disampaikan langsung Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kabupaten setempat.

Sebelumnya, Bupati HST Aulia Oktafiandi usai meresmikan tiga ruang rawat inap anak di RSUD itu, menekankan agar pelayanan pasien bagi anak lebih maksimal lagi.

“Karena itu, tenaga kesehatan di rumah sakit harus memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas guna memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” ujar Aulia.

Baca juga: Pemkab HST bangun dua posko kesehatan saat mudik Lebaran 2024

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024