Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan vaksinasi kepada 148 calon jamaah haji sebelum jadwal keberangkatan nasional yang akan dimulai pada 12 Mei 2024.

Kepala Dinas Kesehatan HST Desfi Delfiana Fahmi di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Sabtu, mengatakan vaksinasi yang dilakukan untuk melengkapi status vaksin COVID-19 bagi calon jamaah haji, tujuan utamanya adalah untuk menambah kekebalan yang cukup saat melakukan perjalanan ke tanah suci.

“Sehingga nantinya para calon jamaah haji tidak tertular dan tidak menjadi sumber penularan ketika kembali ke tanah air,” ujarnya.

Dia menyebutkan dari 148 orang jumlah calon jamaah haji yg melaksanakan vaksinasi tersebut, Dinkes HST memberikan dosis bervariasi, mulai dari dosis 1, dosis 2, booster 1, dan booster 2.

“Jenis vaksin yang kami gunakan adalah Vaksin Indovac,” katanya.

Desfi menuturkan untuk jadwal keberangkatan calon jamaah haji dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Embarkasi Banjarmasin belum ditetapkan oleh yang berwenang.

Namun, untuk jadwal nasional kata dia, sudah berjalan mulai pada 12 Mei 2024.

Dia mengatakan pula, untuk memberikan kebugaran kesehatan yang baik kepada para calon jamaah haji, Dinkes HST melakukan pengukuran kebugaran bagi calon jamaah haji pada beberapa waktu yang lalu.

Hal itu, untuk mengetahui kondisi kesehatan para jamaah agar tidak mengalami kendala mulai dari tahap persiapan, keberangkatan, hingga kepulangan ke tanah air.

Karena itu, Desfi mengimbau para calon jamaah haji agar bisa menjaga kesehatannya dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, latihan fisik sesuai dengan rekomendasi dari hasil tes kebugaran yg telah dilakukan.

“Latihan fisik yang bisa dilakukan misalnya berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, lalu rajin mengontrol kesehatan dan mengkonsumsi obat-obatan rutin sesuai dengan rekomendasi dari dokter,” ujarnya lagi.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024