Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Suripno Sumas menyatakan, silaturahmi merupakan bagian dari pengamalan nilai-nilai Pancasila.

"Oleh sebab itu, silaturahmi harus tetap kita jaga dan bina, karena juga anjuran agama," ujar Suripno Sumas saat sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Banjarmasin, Sabtu.

Pasalnya, menurut wakil rakyat bergelar sarjana dan magister hukum itu, dengan tetap terjaga silaturahmi maka semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

"Sebagaimana kita maklumi, bahwa dengan persatuan dan kesatuan, selain mewujudkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), juga guna keberhasilan pembangunan.

Karenanya pula, anggota DPRD Kalsel dua periode itu yang terpilih kembali menjadi legislator provinsi tersebut pada Pemilu 2024 mengimbau jangan memandang kecil makna silaturahmi, demikian Suripno Sumas.

Dalam sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila atau yang dulu dengan sebutan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang)  tersebut menghadirkan narasumber anggota DPRD Kota Banjarmasin Afrizal.
 
Sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila oleh anggota DPRD Kalsel di Banjarmasin, Sabtu (30/3/2024). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)
 

Sementara anggota DPRD Kota Banjarmasin H Dedy Shopian berpendapat, silaturahmi yang terjalin selama ini cukup baik, dan jika memungkinkan bisa lebih meningkat.

Sebagai contoh atau bukti terjalinnya silaturahmi dengan baik, pada Pemilu Pemilihan Presiden+Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) situasi dan kondisi Kalsel  terutama Kota Banjarmasin dalam keadaan kondusif.

"Kita apresiasi warga masyarakat Banjarmasin yang berjuluk 'kota seribu sungai'  menjaga silaturahmi," demikian Dedy bergelar sarjana ekonomi tersebut.

Sedangkan Afrizal selaku narasumber menekankan arti penting persatuan dan kesatuan guna keutuhan NKRI serta kemajuan pembangunan.

Selain itu, narasumber mengemukakan situasi dan kondisi perpolitikan, terutama di Banjarmasin dan Kalsel yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa tersebar pada 13 kabupaten/kota.

Usai acara sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wasbang tersebut, Suripno membagi bingkisan lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah kepada para peserta.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024