Sebanyak 520 calon mahasiswa baru Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Kalimantan Selatan yang lolos Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) alias jalur prestasi menerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024.

"Saat ini proses pengisian google form bagi calon mahasiswa baru hasil seleksi SNBP penerima KIP Kuliah," kata Rektor ULM Prof. Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Universitas Lambung Mangkurat sediakan 7.213 kursi mahasiswa baru

Bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan sebagai penerima KIP Kuliah maka dibebaskan dari biaya tes kesehatan dan tidak perlu membayar uang kuliah tunggal (UKT).

Rektor menyatakan pihaknya melakukan verifikasi data untuk memastikan calon mahasiswa benar-benar dari keluarga kurang mampu, sehingga dinyatakan layak alias memenuhi syarat sebagai penerima KIP Kuliah.

"Pada prinsipnya beasiswa yang diberikan harus tepat sasaran, jangan sampai diterima oleh orang yang tidak berhak dan justru merugikan mereka yang seharusnya menerima," jelasnya.

Setiap penerima KIP Kuliah dibebaskan biaya kuliah sampai lulus yang disesuaikan dengan akreditasi program studi.

Baca juga: ULM cetak guru PAUD berkualitas lewat program studi akreditasi Unggul

Selanjutnya bantuan biaya hidup untuk Program Regular Sarjana maksimal delapan semester, Diploma Empat maksimal delapan semester, Diploma Tiga maksimal enam semester dan Diploma Dua maksimal empat semester.

Pada SNBP tahun ini ULM secara total menerima 1.820 orang lolos seleksi lewat jalur prestasi akademik di sekolah berupa nilai rapor dan ketentuan penilaian lainnya.

Adapun jalur seleksi berikutnya untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri (PTN) seperti ULM yakni Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan juga mandiri.

Baca juga: Tim ULM pasang alat penjernih air untuk masyarakat pesisir di Batola

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024