Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Selatan (DPRD Kalsel) H Supian HK mengingatkan  masyarakatnya agar tetap waspada terhadap gempa.

 

"Selain itu, jangan besar-besarkan peristiwa gempa yang terjadi belakangan jangan yang warga masyarakat Kalsel rasakan," ujar Supian HK di Banjarmasin , Senin.

 Baca juga: BMKG: Penyeberangan laut di Pulau Jawa aman setelah gempa beruntun

Menurutnya, gempa tersebut merupakan sebuah peringatan dari Allah SWT

 

Oleh karenanya perlu kehati-hatian dalam memanfaatkan atau menggali  sumber daya alam (SDA) jangan sampai berdampak negatif seperti menimbulkan gempa.

 

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong itu berharap agar warga masyarakat menjadikan sebuah pembelajaran dan memetik hikmah dari kejadian gempa tersebut.

 

Supian HK berharap pula agar instansi terkait masalah gempa ataupun bencana menambah alat deteksi dini supaya warga masyarakat bisa melakukan kewaspadaan lebih awal guna menghindari kemungkinan risiko atau dampaknya seminimal mungkin.

 

Sebagai catatan dalam satu tahun terakhir Kalsel beberapa kali kena goncangan gempa, dan yang sangat terasa hampir seluruh wilayah provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota itu pada 22 Maret 2024.

 

Sedangkan goncangan gempa sebelumnya cuma beberapa tempat saja yang merasakan sehingga tidak membuat warga masyarakat panik.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024