Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan menggelar rapat pleno terbuka untuk pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati sekaligus ikrar bersama pemilu damai.

Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Abdul Wahid berpasangan dengan Husairi Abdi akhirnya mendapat nomor urut satu sedangkan Paslon Mukhsin Haitta dan Hasib Salim mendapat nomor urut dua.

Kedua Paslon kemudian membaca ikrar pemilu damai dan menandatanginya dengan disaksikan para komisioner KPU, Ketua Panwaslih dan para pendukung tim sukses kedua paslon yang dilaksanakan di Aula kantor Bappeda Kabupaten HSU di Amuntai, Selasa.

Proses pengundian nomor urut dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati sempat berlangsung dua kali disebabkan jumlah angka terbanyak bagi Paslon untuk berhak mengambil nomor urut yang pertama, setelah dilakukan pengundian sama-sama berjumlah 12.

"Luar biasa, kami sendiri tidak menyangka pengundian jumlah angka bagi paslon yang berhak mengambil nomor urut pertama sama-sama berjumlah 12 sehingga pengundian siapa yang berhak mengambil nomor urut pertama terpaksa diulang," ujar Komisioner KPU Husnul Fajeri.

Proses pengundian nomor urut diawali dengan melempar koin, Paslon yang menang lantas berhak mengambil angka yang disediakan dalam kotak yang disediakan KPUD HSU untuk menentukan paslon yang berhak mengambil nomor urut pertama kalinya.

Angka yang diambil Calon Bupati dan wakil bupati dari kedua pasangan lantas dijumlahkan, sehingga jumlah angka terbanyak yang berhak memilih kertas yang berisi nomor urut pasangan calon.

Setelah dilakukan pemungutan jumlah angka yang kedua, Calon Bupati Abdul Wahid yang berhak memilih kertas yang berisi nomor urut dan ternyata Paslon petahana mendapat nomor urut satu sedangkan lawannya pasangan Mukhsin Haitta dan Hasib Salim mendapat nomor urut dua.

Husnul mengatakan, sesuai peraturan KPU Nomor 9 tahun 2016, nomor urut Paslon akan dicantumkan pada surat suara, alat peraga kampanye dan dipasang dilokasi tempat pemungutan suara atau TPS.

Pengundian nomor urut Paslon berlangsung lancar dan damai, seusai pembacaan ikrar dan penandatangan ikrar pemilu damai, kedua tim sukses paslon melakukan pawai bersama mengunakan arakan mobil menyusuri jalan-jalan utama di Kota Amuntai untuk mensosialisasikan ikrar pemilu damai.

Satu hari sebelumnya KPUD juga menggelar rapat pleno untuk mengumumkan penetapan Paslon peserta Pilkada 2017 dimana kedua Paslon sama-sama lulus verifikasi persyaratan  administrasi dan kesehatan.


Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016