SD-SMP Bajayau Lestari yang merupakan sekolah Yayasan Astra Agro Lestari berlokasi di PT Subur Agro Makmur (SAM) Kalimantan Selatan (Kalsel), mengisi kegiatan di bulan Ramadhan dengan Pesantren Ramadhan secara online.

Kepala Sekolah SD-SMP Bajayau Lestari, Zaki Kurniatullah, di Bajayau, mengatakan ini berlangsung dari tanggal 6 sampai dengan 8 April 2022, yang diikuti oleh seluruh peserta didik SD-SMP Bajayau Lestari.

"Pesantren Ramadhan online tahun ini mengusung tema “Ramadhan bulan mulia dan penuh berkah"," katanya, saat memberikan sambutan beberapa waktu lalu.

Dijelaskan dia, meskipun pelaksanaan kegiatan secara online karena dalam kondisi Pandemi COVID-19, namun hal ini tidak mengurangi semangat para peserta.
 
Pesantren Ramadhan Online SD-SMP Bajayau Lestari (Antara/Fathur)


Baca juga: PT Subur Agro Makmur dan PT Tri Buana Mas gelar virtual training Komite Bisa

Pesantren Ramadhan online ini bertujuan untuk menambah wawasan tentang ilmu agama, sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya juga menghimbau agar kegiatan ini dapat diikuti sampai dengan akhir acara, tak lupa juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia serta peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan," katanya.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.30-10.00 Wita, Dibuka dengan tadarus bersama kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu tausiyah.

Kegiatan tadarus dibimbing Guru PAI SD Bajayau Lestari, Suryadi, kemudian dilanjutkan adanya sesi tanya jawab dan juga kuis yang menambah keseruan kegiatan pesantren Ramadhan online.

Materi Tausiyah pada pertemuan hari pertama yaitu tentang keutamaan Ramadhan dan berkah puasa yang di sampaikan oleh Ustad Izhar.
 
Pesantren Ramadhan Online SD-SMP Bajayau Lestari (Antara/Fathur)


Baca juga: Program Astra Kreatif PT Subur Agro Makmur bantu ekonomi masyarakat

Pada pertemuan hari ke dua disampaikan tausiyah materi amalan-amalan di bulan Ramadhan yang di sampaikan oleh Ustad Isy Hanifan.

Kemudian, untuk pertemuan ketiga dengan materi tausiyah Indahnya berbagi, yang disampaikan oleh Ustad Muhammad Sufyan.

Koordinator kegiatan, Devi Feriyanjani, mengatakan walaupun saat ini di tengah kondisi Pandemi COVID-19, SD-SMP Bajayau lestari tetap mengupayakan pelaksanaan pesantren Ramadhan.

"Hanya konsepnya saja yang dirubah, biasanya offline atau tatap muka menjadi online atau dalam jaringan," katanya.

Ditambahkan dia, dalam menyelenggarakan kegiatan ini panitia bekerja sama dengan orang tua atau wali peserta didik sehingga kegiatan dapat. berjalan dengan lancar.
 
Pesantren Ramadhan Online SD-SMP Bajayau Lestari (Antara/Fathur)
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022