Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - PT. Pertamina akan melaksanakan survei dan penelitian untuk mengetahui potensi kandungan gas dan minyak bumi di Wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan.


Field Supervisor PT Pertamina EP, Raditya Sains Putra di Amuntai, Jum'at mengatakan, pelaksanaan survei berdasarkan perintah dari PT Pertamina pusat untuk meneliti sumber daya alam dimasing-masing wilayah Pertamina.

"Kami belum tau apakah terdapat kandungan gas atau minyak bumi di Wilayah HSU, insya Allah setelah survei dilakukan baru akan diketahui," ujar Raditya.

Raditya mengatakan, Wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) masuk dalam wilayah kerja Pertamina dalam blok Tanjung Area 1 sehingga sesuai intruksi Pertamina pusat harus dilakukan survei dan penelitian terhadap potensi sumber daya alam berupa gas dan minyak bumi.

Ia menuturkan jika pelaksanaan survei dimulai antara Bulan April -Mei 2017 di empat wilayah kecamatan yakni Amuntai Selatan, Amuntai Utara, Banjang dan Haur Gading yang akan dilakukan pengeboran dengan kedalaman 30 meter pada tiap titiknya.

Selain di Kabupaten HSU, lanjutnya, pelaksanaan Survei juga dilakukan di empat kabupaten lainnya, yakni Barito Timur, Tabalong, Balangan dan Hulu Sungai Selatan.

"Nanti kita akan melakukan tahapan sosialisasi ditingkat kecamatan dan desa agar masyarakat mengerti maksud dan tujuan dilakukannya survei," katanya.

Diterangkan jika dalam proses pelaksanaan survei tidak dilakukan pembelian lahan warga yang menjadi lokasi pengeboran, tetapi Pertamina hanya memberikan ganti rugi kepada pemilik lahan sesuai Surat Keputusan Bupati HSU yang mengaturnya.

Pertamina juga menjanjikan tidak akan terjadi kerusakan lingkungan atau ekosistem karena proses survei dan pengeboran mengacu pada peraturan yang dibuat oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

"Untuk mengetahui ada tidaknya kandungan gas bumi atau minyak bumi di wilayah HSU setidaknya diperlukan waktu sekitar tiga hingga lima tahun kedepan," katanya.

Pada saat ekspose rencana survei di Aula Bappeda Kabupaten HSU, para camat meminta pihak PT Pertamina memberikan data lokasi akan dilaksanakan survei akan pemerintah kecamatan bisa membantu melakukan pendataan pemilik lahan.

Wakil Bupati HSU Husairi Abdi yang menghadiri ekspose rencana survei Pertamina berharap terdapat kandungan gas alam atau minyak bumi setelah Pertamina selesai melakukan penelitian, sehingga potensi sumber daya alam tersebut dieksplorasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat HSU.


Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016