Realisasi investasi yang berhasil dicapai Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan 2023 mampu melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp1,212 triliun menjadi Rp1,214 triliun.
 
Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banjar Yudi Andrea di Kota Martapura, Senin mengatakan, realisasi melampaui target itu karena beberapa faktor.

Baca juga: Wabup Banjar dorong peningkatan kualitas pendidikan agama
 
"Kami bersyukur bisa merealisasikan investasi yang melampaui target itu dan semua tercapai karena beberapa faktor," ujarnya saat memimpin apel gabungan di halaman kantor Bupati Banjar di Martapura, Senin.
 
Menurut Yudi, berbagai upaya telah dilakukan untuk memaksimalkan penerimaan investasi mulai dari upaya jemput bola terhadap Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) yang masuk ke daerah.
 
Kemudian, melaksanakan sejumlah sosialisasi terkait Laporan Kegiatan Penanaman Modal dan Online Single Submission (OSS) dengan dukungan Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik Kementerian Investasi/BKPM RI.

Baca juga: Bupati Banjar pimpin aksi bersih-bersih dan tanam bibit pohon
 
"Petugas kami jemput bola layanan LKPM dengan cara mengejar laporan penanaman modal yang setiap tahun wajib dilaporkan disamping kegiatan sosialisasi yang diberikan sehingga masyarakat mengetahui," ucapnya.
 
Dikatakan, terkait Indeks Kepuasan Masyarakat atas perizinan maupun non perizinan yang telah diberikan DPMPTSP tahun 2023 sebesar 85 dan nilai realisasinya meningkat menjadi 86,07 persen.
 
"Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat atas Perizinan dan Non Perizinan mencapai 86,07 dinilai sangat baik dalam penyelenggaraan pelayanan publik sehingga harus dipertahankan dan ditingkatkan," ujarnya.
 
Ditambahkan, pencapaian lain dari hasil evaluasi Ombudsman RI Kantor Perwakilan Kalimantan Selatan atas kinerja jajaran Pemkab Banjar, nilai kepatuhan pelayanan publik sebesar 92,89 atau Zona Hijau Kategori A.
 
"Kami bersyukur realisasi investasi mampu melampaui target. Semua berkat kerja keras dan dukungan dari Bupati Banjar Saidi Mansyur, Wakil Ketua Said Idrus Al-Habsy, Sekda M Hilman dan pihak lain," katanya.

Baca juga: Julak Rose optimistis kembali ke "Rumah Banjar" dan mencalon Pilkada 2024

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024