Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur memimpin aksi bersih-bersih dan menanam bibit pohon saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024.
 
Aksi peduli lingkungan itu dilakukan Saidi didampingi Ketua TP PKK Banjar Nurgita Tiyas, Kapolres AKBP M Ifan Hariyat, Dandim 1006/Banjar Letkol Kav Zulkifer Sembiring di Desa Pingaran Ilir, Astambul, Jumat.

Baca juga: Banjar siapkan 100 agen perubahan inovasi pengelolaan sampah
 
"Sesuai tema HPSN 2024 mengatasi sampah plastik dengan cara produktif sehingga kami sangat mengajak masyarakat mendukung pencegahan mengatasi sampah plastik," ujar Saidi.
 
Menurut Saidi, upaya mencegah dan mengatasi sampah plastik harus diikuti seluruh elemen masyarakat dan dilakukan dengan cara produktif sehingga memiliki nilai tambah bagi masyarakat sekitarnya.
 
Saidi menuturkan permasalahan kebersihan dan penanganan sampah merupakan kegiatan jangka panjang yang terus digaungkan pada seluruh wilayah Kabupaten Banjar sehingga masyarakat ikut berpartisipasi.
 
"Selain mengajak peran aktif seluruh masyarakat, Pemkab juga berupaya mengurangi sampah dengan cara menyediakan 100 buah tempat pembuangan sampah pada setiap kecamatan," ungkapnya.

Baca juga: Bupati minta warga tidak membuang sampah ke sungai
 
Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar Akhmad Bayhaqie mengatakan aksi bersih-bersih melibatkan pegawai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Banjar.
 
"Aksi bersih-bersih dan penanaman bibit pohon dilakukan pegawai yang dibagi dalam 5 kelompok sehingga selain area yang dibersihkan banyak dan luas juga semakin banyak bibit pohon yang ditanam," ujarnya.
 
Usai aksi bersih-bersih, Bupati Banjar meletakkan batu pertama pembangunan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Desa Pingaran Ilir Kecamatan Astambul sebagai bagian dari 100 TPS yang akan dibangun.

Baca juga: Bupati ikut bersihkan sampah pascahaul Guru Sekumpul

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024