Pemerintaham Desa (Pemdes) Muara Uya Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mengalokasikan dana sekitar Rp720 juta untuk pembangunan infrastruktur desa mulai jalan usaha tani hingga fasilitas WC.

Kepala Desa Muara Uya Muhammad Syafi'i mengatakan dari total alokasi dana desa tahun 2024 sebesar Rp2,4 miliar dialokasikan 30 persen untuk kegiatan fisik desa.

Baca juga: Polres Tabalong sita 120 butir obat terlarang milik warga Tanta

"Infrastruktur desa yang kami bangun tahun ini mencakup sumur bor, jalan rabat beton dan WC bagi warga tidak mampu," jelas Syafi'i di Tabalong, Jumat.

Dia mengatakan untuk pembangunan WC sebanyak 10 unit dengan sasaran warga tidak mampu sebagai upaya mendukung program bebas buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tabalong Erwan Mardani total alokasi dana desa tahun 2024 sebesar Rp173,16 miliar dan dana desa bersumber APBN 2024 sebesar Rp98,62 miliar.

Baca juga: Terdampak banjir, warga Desa Marindi ambil jalur alternatif arah Tanjung

"Tahun ini total dana desa baik bersumber dari APBD kabupaten dan APBN mencapai Rp280,59 miliar," jelas Erwan.

Alokasi tersebut termasuk total bagi hasil pajak Rp8,18 miliar dan bagi hasil retribusi Rp620 juta.

Menurut Erwan peningkatan dana desa ini dipengaruhi bertambahnya jumlah  desa mandiri di Kabupaten Tabalong yang mencapai 41 desa pada tahun 2023.

"Untuk  desa mandiri 2023  sebanyak 41 desa dan kami menargetkan  minimal  75 desa mandiri," tambah Erwan.

Baca juga: Dinas PUPR Kabupaten Tabalong prioritaskan pembangunan jalan terisolir

 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024