Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan memprioritaskan pembangunan jalan di wilayah terisolir pada tahun anggaran 2024.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Tabalong Sunengsi menyebutkan jalan yang terisolir mencakup Dusun Kuari - Dusun Mihol, Desa Burum - Dusun Mihol, Dusun Kakingai - Rungun, Desa Misim, Desa Binjai - Desa Salikung Kecamatan Muara Uya, Desa Sungai Kumap dan Dusun Mamban di Kecamatan Bintang Ara.

"Kita mengupayakan percepatan pembangunan infrastruktur termasuk di wilayah terpencil atau terisolir," jelas Sunengsi di Tabalong, Kamis.

Melalui program prioritas tahun 2024 bidang Bina Marga Dinas  PUPR Kabupaten Tabalong juga memprioritaskan  penyelesaian pemindahan atau penghapusan  batas jalan atau devider 

Pemindahan devider mencakup jalan IR PHM Noor dari Kelurahan  Sulingan hingga Mabu'un Kecamatan Murung Pudak.

"Pemindahan devider ditargetkan tuntas tahun ini," tambahnya.

Untuk perbaikan jembatan juga dilakukan tahun ini masing-masing masing   jembatan Sungai Kumap di Kecamatan Bintang Ara  dan jembatan Desa Habau Kecamatan Banua Lawas.

Jembatan Sungai Kumap yang sebelumnya ambruk pada Agustus 2203 akan diganti jembatan permanen  dengan panjang 60 meter dan lebar tujuh meter.

Sejak jembatan ini ambruk  akses warga  menuju Desa Panaan, Desa Hegar Manah dan Desa Dambung Raya  harus melalui jalur  alternatif di Dusun Meho.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024