Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berhasil menambah deretan program studi (prodi) dengan akreditasi "Unggul" alias terbaik (A) yakni untuk Prodi Pendidikan Fisika di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

"Ini capaian luar biasa dari Prodi Pendidikan Fisika yang baru saja meraih status akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK)," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: ULM terjunkan 263 mahasiswa tingkatkan mutu pendidikan di sekolah

Akreditasi terbaru yang diraih Prodi Pendidikan Fisika ULM itu termuat dalam dokumen Nomor SK 125/SK/LAMDIK/AK/S/II/2024 dengan masa berlaku mulai 19 Februari 2024 hingga 18 Februari 2029.

Dengan status akreditasi Unggul, rektor berharap dapat terus memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan pendidikan dan penelitian bidang fisika di Indonesia.

Prof Alim mengatakan akreditasi merupakan sebuah pengakuan penting atas kualitas pendidikan yang disediakan sebuah perguruan tinggi dan dedikasi terhadap peningkatan standar akademik.

Dia menyebut ULM sebagai perguruan tinggi negeri (ULM) satu-satunya akreditasi Unggul di Kalimantan Selatan sekaligus kampus terbesar dan terbaik di kawasan regional Kalimantan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran.

Baca juga: Prestasi mahasiswa ULM di program MSIB capai tingkat nasional

Di akhir 2023 lalu, ULM telah meraih akreditasi internasional untuk enam prodi dari lembaga akreditasi dunia yang diakui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Adapun enam prodi itu Prodi S1 Ilmu Tanah, Prodi S1 Agribisnis, Prodi S1 Teknologi Industri Pertanian, Prodi S1 Kehutanan, Prodi S1 Pendidikan Dokter dan Prodi S1 Kesehatan Masyarakat.

Saat ini, ULM memiliki 115 prodi dengan enam di antaranya telah mengantongi akreditasi internasional, 24 prodi akreditasi Unggul dan 42 prodi akreditasi B.

Baca juga: YABN bina 166 mahasiswa ULM penerima beasiswa IBFL

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024