Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memamerkan beberapa produk industri kecil menengah (IKM) unggulan pada International Handicraft Trade Fair (Inacraft) di Jakarta Convention Center (JCC) yang berlangsung mulai 28 Februari-3 Maret 2024.
 
Kepala Bidang Kerja sama, Pengawasan dan Promosi Investasi Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel Ahmadin di Banjarbaru, Rabu, menuturkan Kalsel intensif mempersiapkan untuk mengikuti ajang promosi produk IKM secara nasional tersebut.

Baca juga: Sasirangan dan purun Tapin tampil di Inacraft 2023
 
Menurut dia, Pemprov Kalsel menggandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat dan kabupaten/kota memantapkan persiapan mengikutsertakan para pelaku IKM ke Inacraft 2024.
 
Di antaranya, ungkap dia, para pelaku IKM Osan dari Kota Banjarmasin dengan produk kayu ulin, Dhia Handmade dari Hulu Sungai Tengah dengan produk kerajinan anyaman menjadi tas fesyen.
 
Selanjutnya, IKM Kathrine dari Kota Banjarmasin dengan produk "fashion designer" dan Diyang Kinjut dari Kota Banjarbaru dengan produk Sasirangan.
 
Dikatakan Ahmadin, pameran Inacraft di Jakarta penting diikuti karena untuk memperkenalkan produk-produk unggulan yang ada di setiap daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota.
 
"Sehingga dari pameran Inacraft, para pelaku IKM di Kalsel bisa memaksimalkan kesempatan dalam mempromosikan produknya sehingga bisa mendapatkan kontrak dagang dan memperluas pangsa pasar," ujarnya.

Baca juga: Kabupaten Balangan pamerkan produk unggulan di INACRAFT 2023
 
Ahmadin menyebutkan, pihaknya menyediakan stan pameran dengan berbagai macam dekorasi, dengan harapan menarik minat pengunjung.
 
"Memang produk kerajinan yang diikutsertakan dalam pameran Inacraft diseleksi terlebih dahulu agar dalam mempromosikan produk kerajinan bisa diminati banyak pihak," kata Ahmadin.
 
Sementara itu, Sekretaris Dekranasda Provinsi Kalsel, Kris Wibowo menyampaikan, pihaknya juga mengikutsertakan dua pelaku IKM di antaranya, Sopiannoor dari Hulu Sungai Utara dengan produk Kembang Ilung dan Heldawati dari Tapin dengan produk kerajinan rotan.
 
"Maka dari itu, kami memiliki peran penting dalam memajukan potensi produk kerajinan yang bernilai ekonomi untuk peluang usaha. Mudah-mudahan produk kerajinan yang akan dipromosikan oleh para pelaku IKM bisa go international," ujarnya.

Baca juga: Dekranasda Batola ikuti pameran di INACRAF 2023

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024