Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) memberikan bantuan benih padi sebanyak 11,7 ton bagi kelompok petani di sembilan desa yang terdampak banjir seluas 468 hektare.

Bupati HST Aulia Oktafiandi di Hulu Sungai Tengah, Kalsel, Rabu, mengatakan bantuan diberikan kepada perwakilan kelompok tani dari sembilan desa yang tersebar di Kecamatan Pandawan.

Baca juga: Petani pindah haluan tanam cabe, Limau Mahang tergusur

“Bantuan benih padi ini untuk mewujudkan desa yang mandiri pangan, mencegah inflasi, khususnya pada musim perubahan iklim seperti musim penghujan yang menyebabkan petani gagal tanam,” kata dia.

Aulia menuturkan pentingnya memberikan dukungan maksimal pada sektor pertanian karena merupakan salah satu sumber pangan masyarakat dan juga memperkuat ketahanan pangan di Hulu Sungai Tengah.

“Kami berkomitmen mendukung penuh petani lokal dalam menghadapi berbagai tantangan seperti perubahan iklim,” ujarnya.

Ia mengajak para petani dapat mengoptimalkan bantuan yang diberikan pemerintah daerah dengan potensi lahan yang ada di kabupaten tersebut.

Baca juga: Petani di HST harapkan turun hujan

Aulia berharap bantuan tersebut bermanfaat dan dapat meringankan beban para petani yang mengalami kerugian usai lahan dilanda banjir selama musim penghujan.

Setelah penyerahan bantuan benih padi, Bupati HST menyerahkan secara simbolis SK perpanjangan kontrak kerja kepada beberapa PPPK Penyuluh Pertanian di daerah tersebut.

“Semoga bantuan ini juga dapat menunjang kehidupan para petani dan keluarga agar lebih baik lagi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujarnya lagi.

Baca juga: Ratusan petani di HST ikuti kursus keterampilan

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024